Santap Ikan Pindang dari Pedagang Keliling, Belasan Warga Sukabumi Keracunan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 01:25 WIB
Belasan warga keracunan usai menyantap ikan yang dibeli dari pedagang keliling.
Belasan warga keracunan usai menyantap ikan yang dibeli dari pedagang keliling (Foto: dok. Desa Mekarasih)
Sukabumi -

Belasan warga Kampung Bolengbang RT 021 RW 004 dan warga Kampung Pasirjambu RT 023/005 Dusun Ciangkrek Desa Mekarasih Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi keracunan. Mereka keracunan usai menyantap ikan cue atau ikan pindang yang dijual pedagang keliling.

Informasi yang diperoleh detikcom, warga mulai merasakan pusing dan mual usai menyantap ikan pindang saat berbuka puasa.

"Warga membeli ikan cue dari pedagang keliling Selasa siang tadi, mungkin sore dimasak untuk menu berbuka, malamnya mulai terasa. Hingga saat ini jumlah korban mencapai 16 orang," kata Kades Mekar Asih, Ujang Suryadi melalui sambungan telepon, Rabu (5/5/2021).

Ujang mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dokter dari Puskesmas setempat, kepolisian dan koramil untuk mengevakuasi warga di dua titik penampungan.

"Sudah mendapat penanganan, kami dibantu rekan TNI dan Polri untuk sementara korban keracunan kita tampung di Kantor Desa Cibuntu dan Puskesmas. Gejalanya sama mual, pusing dan muntah," jelasnya.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Sukabumi merinci saat ini identitas korban yang sudah tercatat baru 8 orang. Terdiri dari 1 Keluarga sebanyak 5 orang dewasa dan 3 orang balita total jumlah 8 Orang.

"Waktu Kejadian Sekitar Pukul 18.00 WIB, Selasa (4/5). Dugaan sementara indikasi keracunan makanan. Korban yang 8 ditangani di Pustu Desa Cibuntu," kata Anita Mulyani, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi.

(eva/eva)