Ada Wayang-Bendera Partai, Begini Suasana Prabowo Sambut PKS

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 22:39 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut kedatangan rombongan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Begini suasana pertemuannya (dok Istimewa)
Foto: Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut kedatangan rombongan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Begini suasana pertemuannya (dok Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto menyambut kedatangan rombongan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Suasana pertemuan berlangsung formal.

Dalam foto yang diterima detikcom, tampak Prabowo duduk bersebelahan dengan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Di belakang keduanya, terlihat 3 bendera yakni, bendera merah putih, bendera partai Gerindra, dan bendera partai PKS.

Bendera berukuran mini juga terlihat di meja yang berada di antara Prabowo dan Syaikhu. Lalu di belakang barisan bendera, ada penyekat ruangan berupa ukiran wayang kulit.

"Kita dari DPP Partai Gerindra dikunjungi DPP Partai Keadilan Sejahtera yang baru, mereka punya pengurus baru, presiden partai yang baru Pak Syaikhu, kemudian Sekjen baru Pak Habib Abu Bakar Al Habsyi dan dan pengurus baru diperkenalkan kepada kami," kata Prabowo kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Pertemuan itu berlangsung sore tadi di kantor DPP Gerindra, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi ketua harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, anggota DPR RI, Prasetyo Hadi, Putih Sari, Ketua Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra Habiburokhman serta Maher Algadri.

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambut kedatangan rombongan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Begini suasana pertemuannya (dok Istimewa)Suasana pertemuan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu (dok Istimewa)

Sementara Syaikhu didampingi oleh Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsy Ketua Fraksi PKS yakni Jazuli Juwaini dan sejumlah anggota PKS lainnya.

Prabowo menyebutkan pihaknya juga sempat bernostalgia dengan PKS lantaran sejumlah pesta demokrasi pernah berjuang bersama-sama baik saat pemilihan Gubernur di Jawa Barat, serta Pilpres 2019 yang lalu.

"Ada juga nostalgia, dulu juga pernah berjuang bersama dalam beberapa kali Pilkada, Jawa Barat, Pilpres," ungkap Prabowo.

Prabowo menambahkan kendati ada perbedaan posisi dalam mengawal pemerintah namun dirinya bersama Partai Gerindra tetap menghormati dan menyambung silaturahmi dengan PKS.

"Kita mungkin ada nuansa di titik-titik tertentu berbeda. Perbedaan yang baik, mereka sekarang di luar koalisi pemerintah, kita di dalam koalisi pendukung pemerintah, kita tetap bersahabat dengan baik, kita saling menegur, sebagai kawan boleh saling koreksi dan saling mengecam" paparnya.

Prabowo mengatakan saat ini PKS berada di luar koalisi pemerintah. Namun baginya, Gerindra dan PKS tetap bersahabat dan saling mengingatkan.

Sementara Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan kedatangan PKS ke Partai Gerindra adalah bentuk silaturahmi kebangsaan membicarakan berbagai aspek dan isu terkini mulai dari postur keuangan hingga pandemi COVID-19.

Pada kesempatan yang sama, Ahmad Syaikhu mengatakan pihaknya juga meminta dukungan Prabowo terkait RUU Perlindungan Ulama. Diharapkan nantinya terjadi kerja sama diwujudkan secara teknis.

"Tentu dari kami juga tadi mohon dukungan dari beliau agar supaya inisiasi dalam RUU perlindungan ulama, perlindungan tokoh agama dan simbol agama juga mendapat dukungan dari Partai Gerindra. Mudah-mudahan nanti kita bisa kerja sama mewujudkan dalam secara teknis di parlemen," kata Ahmad Syaikhu.

(jbr/isa)