Tentang Bill Gates dan Melinda: Cerita Unik, Kekayaan, dan Kisah Cintanya

Novia Aisyah - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 20:35 WIB
Kenangan Melinda dan Bill Gates Makan Bareng Sebelum Berpisah
Foto: Site/Pool
Jakarta -

Bill Gates lahir dengan nama William Henry Gates III pada tanggal 28 Oktober 1955 di kota Seattle, Washington.

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates terlahir dari keluarga kalangan menengah ke atas. Gates adalalah anak tengah dengan dua saudari yang bernama Kristianne dan Libby.

Pendiri Microsoft ini ternyata memiliki cerita tersendiri dalam hidupnya. Mulai dari masa muda hingga kisah cinta bersama Melinda.

Ini dia fakta-fakta tentang Bill Gates:

1. Sejak muda sudah suka beramal

Kebiasaan Bill Gates melakukan kegiatan amal ternyata berawal dari kedekatannya dengan ibunya, Mary. Mary sering membawa Gates ketika dirinya melakukan kegiatan sukarelawan di sekolah-sekolah maupun di komunitas.

2. Bill Gates sempat bosan sekolah

Sejak kecil, Bill Gates sudah terlihat kompetitif dan sangat suka menenggelamkan diri dengan buku-buku. Tetapi, pada usia sekitar 11 atau 12 tahun, orang tua Gates menganggapnya terlihat bosan dan menarik diri sehingga di usia 13 tahun dirinya dipindahkan ke sekolah persiapan eksklusif Lakeside School.

Di sekolah inilah awal perjalanan Gates dengan komputer. Sebuah perusahaan komputer di Seattle menawarkan waktu untuk bermain komputer pada siswa-siswa di sana.

Di masa tersebut, Gates sering menghabiskan waktu luangnya bersama komputer.

3. Skor SAT yang nyaris sempurna

Fakta Bill Gates yang berikutnya adalah, dirinya mencetak skor SAT yang nyaris sempurna. Bill Gates mampu membuat rekor hingga 1590 poin dari nilai maksimal SAT 1600 sehingga hanya tinggal 10 poin untuk menuju sempurna.

Menariknya, skor SAT yang nyaris sempurna ini ia pamerkan hingga beberapa tahun ketika dirinya bertemu dengan orang baru.

4. Kisah cinta dengan Melinda

Awal pertemuan Bill Gates dengan Melinda adalah ketika Melinda bergabung dengan Microsoft milik Gates di tahun 1987.

Pada saat itu, Melinda sebetulnya telah mempunyai pacar dan keduanya belum mengarah ke hubungan yang serius.

Seiring hubungan yang semakin dekat dan sungguh-sungguh, Bill akhirnya membuat daftar pro-kontra apakah dirinya harus melamar Melinda atau tidak. Pada akhirnya, keduanya menikah pada tahun 1994.

Pasangan Bill Gates dan Melinda memperoleh anak pertama mereka, Jennifer di tahun 1996. Kemudian disusul dengan Rory di tahun 1999 dan Phoebe di tahun 2002.

Pada akhirnya, Melinda tidak bekerja di Microsoft dan justru bekerja bersama Bill Gates di yayasan yang mereka bangun.

5. Mendirikan yayasan bersama Melinda

Ketika masih menjalin rumah tangga bersama Melinda, Bill Gates dan Melinda mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation untuk mendanai program kesehatan global dan berbagai proyek di barat laut Pasifik.

Tak hanya itu, Bill Gates dan Melinda juga menangani perpustakaan-perpustakaan di Amerika Utara melalui Gates Library Foundation, yang akhirnya berganti nama menjadi Gates Learning Foundation.

6. Kekayaan

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, detikers jangan terlalu kaget ketika melihat nominal kekayaan Bill Gates. Sebagai orang keempat terkaya di dunia, kekayaan Bill Gates telah mencapai 130.5 milyar dolar.

Yayasan Gates bersama Melinda, Bill & Melinda Gates Foundation adalah yayasan swasta terbesar di dunia.

Ketika pandemi pertama kali meletus pada Mei 2020 kemarin, Gates Foundation mengatakan bahwa mereka akan menggelontorkan dana sebanyak 300 juta dolar atau sekitar 4,3 triliun untuk memerangi corona, mendeteksi, dan mendanai perawatan serta vaksinnya.

Bill Gates juga telah menjual dan memberikan sebagian besar sahamnya di Microsoft secara cuma-cuma. Kini dia hanya memiliki 1 persen lebih sedikit dari sahamnya dan berinvestasi dalam bentuk saham serta aset lainnya.

7. Memutuskan untuk berpisah

Setelah banyak pertimbangan dengan hubungan keduanya, akhirnya Gates dan Melinda mantap untuk mengakhiri pernikahan yang sudah dibangun selama 27 tahun.

Gates dan Melinda pun mengatakan bahwa mereka tidak yakin bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya. Keduanya meminta ruang dan privasi untuk keluarga dan memulai menjalani kehidupan baru dengan baik.

(lus/lus)