Polisi Ungkap Penyelundup Baby Lobster ke Singapura Perusahaan Fiktif

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 19:09 WIB
Polres Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan penyelundupan baby lobster ke Singapura, Selasa (4/5/2021).
Polres Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan penyelundupan 72 ribu lebih baby lobster ke Singapura. (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap penyelundupan ribuan ekor benih lobster atau baby lobster yang akan dikirim ke Singapura via Bandara Soekarno-Hatta. Baby lobster itu dikirim sebuah perusahaan fiktif yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Dalam kasus ini, polisi menangkap empat tersangka, yakni HZ, AFA, DS, dan B. Keempatnya memiliki peran masing-masing mulai dari 'direktur' hingga bendahara.

"Saudara HZ atau H ini berprofesi Direktur PT Berlian Abadi. Kemudian perannya menyiapkan sayuran selada air untuk di-packing dicampur benih lobster untuk mengelabui petugas bandara," kata Kapolresta Bandara Soetta Kombes Adi Ferdian Saputra saat jumpa pers di Polres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (4/5/2021).

Adi mengungkap PT Berlian Abadi adalah perusahaan fiktif. Perusahaan tersebut menyamarkan pengiriman baby lobster dengan selada air.

"Perusahaan ini, setelah kita tindak lanjut, ternyata merupakan perusahaan fiktif untuk menyamarkan proses pengiriman. Yang bersangkutan kita amankan di Denpasar, Bali," lanjutnya.

Selanjutnya, tersangka AFA ditangkap di Denpasar, Bali. Tersangka bertugas sebagai bendahara yang mengurus ongkos pengiriman baby lobster.

"Tersangka dua, AFA, ini perempuan, tugasnya merencanakan, kemudian menghubungi perusahaan ekspedisi untuk proses pengiriman sayuran yang dicampur benih lobster. Yang bersangkutan dalam hal ini bendahara terkait biaya pengiriman ini. Ditangkap di salah satu kos-kosan di daerah Denpasar, Bali," tuturnya.

Kemudian ketiga berinisial DS, berperan membantu menyiapkan biaya operasional pengiriman baby lobster. DS ditangkap di tempat yang sama dengan AFA.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan juga 'Menteri Trenggono: Kalau Ada yang Ekspor Benih Lobster Saya Lawan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2