Beri Hadiah pada Orang Lain, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Kristina - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 17:39 WIB
hadiah
Foto: Getty Images/carlosalvarez/Beri Hadiah pada Orang Lain, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
Jakarta -

Menjalin hubungan baik antar sesama sudah menjadi kewajiban bagi setiap Muslim. Banyak orang melakukannya dengan berbagai ekspresi, salah satunya dengan memberikan hadiah.

M. Aqil Haidar, Lc dalam bukunya yang berjudul 'Memberi Hadiah Bagi Pemberi Hutang' memaparkan hadiah berasal dari bahasa Arab dari kata هديّة . Secara bahasa kata itu diartikan sebagai harta yang diberikan dan dihadiahkan kepada seseorang dalam rangka penghormatan.

Sedangkan menurut istilah, dalam madzhab syafii, hadiah didefinisikan sebagai pemberian suatu benda tanpa adanya imbalan, yang disertai dengan memindahkan barang tersebut ke penerima hadiah sebagai bentuk penghormatan.

Sementara itu, menurut istilah syar'i sebagaimana dikutip dalam situs Kesbangpol Riau, hadiah adalah penyerahan suatu benda kepada seseorang untuk mewujudkan hubungan baik dan mendapatkan pahala dari Allah SWT tanpa adanya permintaan dan syarat.

Dalam hukum Islam, memberikan sesuatu kepada orang lain dalam rangka menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan maka hukumnya halal dan dianjurkan untuk dilakukan.

Diriwayatkan dalam hadits nabi SAW oleh Al Bukhari, Rasulullah SAW telah bersabda: "Hendaknya kalian saling memberi, niscaya kalian akan saling mencintai." (HR. Bukhari).

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2