Jalan Lintas Pekanbaru Ramai Pemudik Jelang Larangan Mudik Berlaku

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 17:03 WIB
Aktivitas kendaraan pemudik di jalur lintas Pekanbaru
Aktivitas kendaraan pemudik di jalur lintas Pekanbaru. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Dua hari menjelang pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021, sudah banyak warga di Kota Pekanbaru yang 'curi start', pulang kampung lebih dulu. Mereka tak memusingkan soal penyekatan oleh kepolisian.

Pantauan detikcom di lintas Pekanbaru menuju Sumatera Utara, atau tepat di Simpang Bingung, terlihat pemudik mulai ramai. Banyak pemudik berangkat menggunakan kendaraan pribadi dan mobil angkutan umum.

"Sejak kemarin sudah ramai, karena 2 hari lagi dilarang. Jadi warga pulang kampung sebelum dilarang, mungkin besok terakhir," kata agen travel antarkota, Saragih, saat ditemui di lokasi, Selasa (4/5/2021).

Meskipun ada petugas di pos penyekatan, aktivitas mudik di Simpang Bingung tetap berjalan. Terlihat hilir mudik kendaraan di lokasi tanpa pemeriksaan petugas Satgas COVID-19 Pekanbaru.

Saragih mengaku antusias pemudik masih sangat tinggi. Terutama menjelang larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang, pemudik terus datang.

Warga yang mudik, menurut Saragih, mulai dari antarkota hingga antarprovinsi. Ada yang ke Dumai, Rokan Hilir, dan Sumatera Utara.

"Kalau lewat sini mau ke Dumai, Rokan Hilir sama Medan, Sumut. Banyak berangkat itu pagi atau malam hari," katanya.

Terkait adanya penyekatan, Saragih tidak ambil pusing. Meskipun sebenarnya ada banyak kendaraan yang disuruh berputar balik saat pemeriksaan.

Hal senada disampaikan agen lain, Abdul. Menurut Abdul, penyekatan dilakukan tak 24 jam sehingga masyarakat tetap masih bisa mudik sebelum 6 Mei.

"Banyak sudah yang mudik, dari Pekanbaru ke luar itu sudah ramai. Kalau penyekatan, itu kan nggak sampai 24 jam, hanya 1 jam saja biasanya," kata Abdul.

Kendaraan yang suruh putar balik menurut Abdul tidak sebenarnya kembali. Mereka menunggu petugas istirahat untuk kembali melanjutkan perjalanan.

"Ada suruh putar balik, tapi mereka tunggu tak ada petugas. Banyak kalau suruh putar ya putar, nanti ulangi lagi lewat tetap bisa. Kucing-kucingan lah," katanya.

Sementara itu, seorang pemudik, Daliati (45), mengatakan dirinya lebih memilih mudik lebih awal sebelum masa larangan. Sebab, ia khawatir tidak ada lagi angkutan.

"Takut nanti kalau jelang lebaran dilarang. Jadi mudik duluan sama keluarga," ucap warga Payung Sekaki Pekanbaru tersebut sebelum melanjutkan perjalanan mudik ke Sumatera Utara.

Lihat juga Video: Siasat Pemudik Hindari Larangan: Berangkat Awal, Pulang Nanti

[Gambas:Video 20detik]



(ras/aud)