Pemkab Serang Biayai Kuliah Anak Buruh ke Fakultas Kedokteran

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 10:56 WIB
Pemkab Serang
Foto: dok. Pemkab Serang
Jakarta -

Putri seorang buruh di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Reni Safitri mendapatkan beasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dari APBD Kabupaten Serang. Dengan adanya beasiswa ini, dapat meringankan beban kedua orang tuanya.

Reni masuk Untirta melalui jalur SNMPTN dari sekolah swasta di Kabupaten Tangerang. Ia dan kedua orang tuanya pun bersilaturahmi ke Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

"Beasiswa ini adalah bentuk karunia Allah SWT, kami hanya perantara. Saya yakin, ini berkat doa orang tua, serta niat yang kuat untuk bisa kuliah. Jika punya prestasi, insyaallah, kami memberikan kesempatan kepada anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa kuliah gratis," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Tatu menyampaikan pihaknya akan terus melanjutkan program beasiswa perguruan tinggi meski APBD terpengaruh pandemi. Menurutnya kekuatan APBD terbatas, namun jika punya niat ia yakin semua akan dipermudah.

Sejak tahun 2017-2020, Pemkab Serang telah memberikan beasiswa untuk 866 mahasiswa. Di antaranya Fakultas Kedokteran Untirta 9 mahasiswa, D3 Vokasi Universitas Indonesia 21 mahasiswa, Fakultas Pertanian Untirta 2 mahasiswa, S1 guru PAUD 726 mahasiswa, D1 Teknik Untirta 107 mahasiswa, dan Fakultas Hukum Untirta 1 mahasiswa.

"Saya berpesan, kepada anak-anak mahasiswa yang mendapatkan beasiswa untuk serius belajar. Memberikan kebanggaan kepada orangtua, dan menjadi generasi Kabupaten Serang yang berprestasi," ujar Tatu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya mengatakan penyerahan simbolis beasiswa untuk Reni Safitri merupakan momen memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus deklarasi Bupati Serang dalam melanjutkan program beasiswa.

"Atas undangan Pemkab Serang, Reni dan kedua orangtuanya dapat bersilaturahmi dengan Ibu Bupati Serang," katanya.

Dekan Fakultas Kedokteran Untirta, Siti Farida mengaku bangga dengan Pemkab Serang. Menurutnya dari delapan kabupaten/kota di Banten, dia melihat baru Ratu Tatu yang berkomitmen memberikan beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta.

"Anggaran yang disediakan tentu tidak sedikit, khususnya untuk kuliah di fakultas kedokteran," ujarnya.

Sementara itu Reni Safitri menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Serang, terutama Bupati Serang. Berkuliah di Fakultas Kedokteran merupakan cita-citanya.

"Alhamdulillah, dan insyaallah kesempatan ini akan saya manfaatkan dengan baik, dan berkuliah dengan baik," ujaran Reni.

(prf/ega)