Pasar Tanah Abang Sepi Pagi Ini, Tak Ada Kerumunan Pengunjung

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 10:04 WIB
Suasana Pasar Tanah Abang, Selasa (4/5/2021) pukul 09.20 WIB
Suasana di Pasar Tanah Abang (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Suasana Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, terpantau sepi pagi ini. Tak ada kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang.

Pantauan detikcom di Blok A dan Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, sekitar pukul 09.20 WIB, Selasa (4/5/2021), terlihat toko-toko pakaian yang telah buka.

Para pengunjung terlihat hilir mudik dari satu toko ke toko pakaian lain yang ada di pasar ini. Mereka terlihat menggunakan masker.

Tak ada kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang seperti yang terjadi akhir pekan lalu. Suasana pasar terlihat sepi dari pengunjung hari ini.

Suasana Pasar Tanah Abang, Selasa (4/5/2021) pukul 09.20 WIBSuasana Pasar Tanah Abang, Selasa (4/5/2021), pukul 09.20 WIB. (Farih Maulana/detikcom)

Sebelumnya, kerumunan terjadi di Pasar Tanah Abang menjelang Lebaran membuat Pemprov DKI, dan TNI-Polri bertindak. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kerumunan itu tak terduga.

Membeludaknya Pasar Tanah Abang diketahui terjadi pada Sabtu (1/5) hingga Minggu (2/5) sore. Pemprov DKI menilai pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin jumlahnya hampir 200 persen dari kapasitas.

"Kasus yang kemarin hari Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas dari Pasar Tanah Abang," kata Sekda DKI Marullah Matali dalam sambutan apel pengamanan Pasar Tanah Abang di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/2).

Pemprov DKI kemudian membuat skema penutupan Pasar Tanah Abang. Jam tutup Pasar Tanah Abang dibagi dua sesi berdasarkan lantai ganjil dan genap.

"Sabtu kemarin terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang pada hari 2 sebelumnya sekitar 35 ribu kemarin melonjak menjadi 87 ribu dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies.

Simak video 'Pusat Perbelanjaan Penuh, Satgas Khawatir Muncul Klaster COVID-19 Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/haf)