Tentang Fase Kebangkitan Manusia dari Alam Kubur

Kristina - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 21:20 WIB
Planet mengerikan di luar angkasa
Foto: NASA/JPL-Caltech/Tentang Fase Kebangkitan Manusia dari Alam Kubur
Jakarta -

Hari kebangkitan adalah peristiwa yang pasti akan terjadi. Adapun untuk waktunya hanya Allah SWT yang tahu.

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur." (Q.S Al-Hajj: 7)

Hari kebangkitan disebut juga dengan hari Kiamat. Selain itu, masih ada nama-nama lain terkait hari kebangkitan ini yang dijelaskan dalam Al Quran. Di antaranya hari perhitungan, hari pembalasan, hari penyesalan, hari penentuan, hari saling memanggil, hari keputusan, hari berkumpul, hari yang dijanjikan, hari yang kekal, hari dikeluarkannya dari kubur, hari yang sulit, ketukan keras, suatu yang dekat, teriakan, yang pasti, bencana besar, tempat kembali dan negeri akhirat.

Peristiwa datangnya hari Kiamat tercantum dalam beberapa surat dalam Al Quran dan hadits nabi SAW. Di antaranya pada Q.S Al-Hajj ayat 7, Q.S An-Naml ayat 87, dan Q.S Al-Anbiya ayat 47, Q.S Al-Qariah ayat 4-5, Q.S Al-Zalzalah ayat 1-2, Q.S Az-Zumar ayat 68, dan Q.S al-Muzzammil ayat 18.

Dalam hadist Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata, aku hafal dari Rasulullah sabda beliau,

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi." (HR. Abu Dawud & Ibnu Majah).

3 Fase Kehidupan Manusia

Dr. Muhammad Abdurrahim Az-Zaini dalam bukunya Filsafat Kematian menjelaskan, eksistensi manusia melewati tiga fase. Di antaranya alam kehidupan dunia, alam barzakh, dan alam kehidupan setelah barzakh.

1. Fase pertama: alam dunia

Pada fase ini manusia menjalani kehidupan di dunia dengan segala kenikmatan dan hawa nafsunya. Alam ini akan membentang selama umur bumi, yakni sejak manusia hidup hingga manusia akan punah atau binasa.

Peristiwa kematian manusia juga termasuk dalam fase ini.

2. Fase kedua: alam barzakh

Pada fase ini manusia akan berada dalam alam penantian. Manusia akan memasuki alam barzakh setelah kematian.

Ia akan dibangkitkan pada saat hari kiamat tiba. Alam ini merupakan pembatas antara dunia dan akhirat atau disebut dengan alam kubur.

Klik halaman selanjutnya

Simak juga 'Jangan Enggan Membaca Al-Quran':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2