Sholat Tasbih: Tata Cara, Hukum, Niat, dan Bacaan, hingga Keutamaannya

Kristina - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 17:32 WIB
AI HamduLillah thanks to God of Islam, Arabic alphabet and Koran in hand - holy book of Muslims ( public item of all muslims )
Foto: Getty Images/iStockphoto/meen_na/Sholat Tasbih: Tata Cara, Hukum, Niat, dan Bacaan, hingga Keutamaannya
Jakarta -

Sholat tasbih merupakan shalat sunnah yang diiringi bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Sholat ini dapat menjadi salah satu amalan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Ustadz Arif Rahman mengatakan, sholat tasbih merupakan sholat yang terdiri dari empat rakaat dan dalam empat rakaat tersebut terdapat bacaan tasbih sejumlah 300 tasbih.

Tata cara sholat tasbih

Cara mengerjakan sholat tasbih sama seperti sholat lainnya. Perbedaannya hanya pada niat dan bacaan tasbih di dalamnya.

Dikutip dari Buku Pintar Sholat karya M. Khalilurrahman Al Mahfani berikut tata cara sholat tasbih sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Thabrani yang bersumber dari Ikrimah dari Ibnu Abbas.

1. Berdiri menghadap kiblat sambil membaca niat dalam hati untuk melaksanakan sholat tasbih karena Allah semata

2. Takbiratul Ihram seraya mengucap "Allahu Akbar". Kemudian membaca doa iftitah dan surat al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam Al Quran. Lalu membaca bacaan tasbih sholat tasbih sebanyak 15 kali kemudian rukuk.

3. Rukuk. Setelah membaca bacaan rukuk lalu membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali kemudian i'tidal.

4. I'tidal diikuti dengan bacaan I'tidal lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali, kemudian sujud.

5. Sujud diikuti dengan membaca bacaan sujud lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali. Kemudian duduk di antara dua sujud.

6. Duduk di antara dua sujud diikuti dengan membaca doa duduk di antara dua sujud lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali. Kemudian sujud yang kedua.

7. Sujud kedua dengan membaca bacaan sujud lalu membaca tasbih sebanyak 10 kali. Kemudian berdiri untuk rakaat kedua. Sebelum berdiri hendaklah duduk istirahat sambil membaca tasbih sebanyak 10 kali.

Kemudian lakukan rakaat selanjutnya seperti tata cara di atas. Setiap rakat terdapat 75 bacaan tasbih. Sehingga dalam empat rakaat akan ada 300 bacaan tasbih.

Hukum sholat tasbih

Mayoritas ulama seperti Imam al-Ghazali, Imam an-Nawawi, Imam Ibnu Shalah, Imam Ibnu Hajar al-Asqalani, Imam Ibnu Hajar al-Haitami, imam asy-Syirbini, Imam ar-Ramli, Imam as-Suyuti, Imam al-Buhuti & Syaikh al-Albani mengatakan sholat tasbih hukumnya sunnah.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2