TNI-Polri Diminta Kontrol Kepulangan TKI di Tengah Pandemi

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 14:06 WIB
Doni Monardo
Doni Monardo (Dok. BNPB)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkap Presiden Joko Widodo meminta TNI-Polri mengontrol pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air di tengah pandemi COVID-19. TNI-Polri akan diminta membantu integrasi semua instansi yang terlibat dalam kepulangan TKI.

"Nah kami dari Satgas telah mendapatkan perintah dari Bapak Presiden untuk mengoptimalkan peran TNI-Polri. Dan Bapak Presiden tadi mengarahkan agar seluruh kepulangan pekerja migran dipercayakan kepada Panglima Kodam di daerah," kata Doni dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut, Presiden meminta Pangdam dan Kapolda di daerah mengintegrasikan semua instansi pusat terlibat dalam kepulangan TKI. Hal itu agar memudahkan kontrol terhadap TKI yang pulang ke Tanah Air.

"Mohon kiranya Bapak Pangdam bekerja sama dengan Bapak Kapolda bisa mengintegrasikan seluruh instansi pusat yang ada di daerah, baik itu Imigrasi, BP2MI, Dinas Ketenagakerjaan, Kementerian Kesehatan dalam hal ini KKP, BP2MI, Bea-Cukai dan semuanya berada pada satu komando sehingga memudahkan kita untuk melakukan kontrol terhadap semua pekerja migran yang kembali ke Tanah Air," ujarnya.

Selain itu, TNI-Polri berperan untuk mencegah adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan sejumlah oknum di bandara ataupun pada saat keberangkatan ke bandara atau dari pelabuhan laut menuju tujuan.

Adapun 5 provinsi teratas yang akan menerima kedatangan pekerja migran adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Utara, serta beberapa provinsi lainnya.

(yld/tor)