Sidang Kasus Kerumunan HRS

Saksi Ini Nangis di Sidang HRS: Saya Bingung Harus Bersyukur atau Istigfar

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 13:01 WIB
Jakarta -

Ketua panitia acara Maulid Nabi Muhammad SAW di bekas markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, Haris Ubaidillah, menangis saat bersaksi di sidang Habib Rizieq Shihab (HRS). Dia mengaku yang mengusulkan acara Maulid itu sekaligus sebagai sambutan kedatangan Rizieq dari Arab Saudi hingga akhirnya berimbas pada kerumunan.

Dalam perkara ini, Haris sebenarnya duduk pula sebagai terdakwa bersama dengan 4 orang lainnya yaitu Ahmad Shabri Lubis, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi. Haris lantas didudukkan sebagai saksi untuk Rizieq.

Awalnya Haris menyebut acara pernikahan salah satu putri Rizieq bernama Najwa Shihab diusulkan digelar bersamaan dengan acara Maulid Nabi itu. Namun Haris menyebut bila Shabri Lubis selaku mantan Ketua FPI menunggu konfirmasi dari Rizieq terlebih dulu.

"Saat itu kami mewakili panitia mengusulkan bagaimana kalau akad nikahnya saja seperti biasa dilakukan pada saat peringatan Maulid, saat itu Kiai Shabri sebagai Ketua FPI tidak bisa memberikan jawaban menunggu konfirmasi dari Habib Rizieq Shihab," kata Haris saat bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Senin (3/5/2021).

"Habib, saya mohon maaf Habib. Beliau mengatakan bahwasanya jadi pada saat rapat Kiai Shabri mengatakan bahwasanya Habib Rizieq akan melaksanakan pernikahan secara terbatas," imbuh Haris sembari terdengar menangis.

Menurut Haris, Rizieq menyetujui usulan itu tetapi dengan protokol kesehatan. Hingga akhirnya timbul kerumunan itu membuat Haris mengaku bingung bagaimana harus bersikap.

"Saya bingung mengatakan apakah saya ini harus mengucapkan syukur atau saya harus mengucapkan istigfar karena Habib saat menyetujui dengan catatan menerapkan protokol kesehatan, akhirnya akad nikah jadi dilaksanakan di panggung peringatan Maulid," ujar Haris.

"Pada saat pelaksanaan tausiah saya selaku ketua panitia betul-betul merasa ini tanggung jawab saya, sehingga saya ketika memberikan sambutan selaku ketua panitia itu yang pertama kali saya ingatkan untuk menggunakan masker dengan benar," sambungnya.

(dwia/dhn)