TNI-Polri Jaga Stasiun Tanah Abang Cegah Kerumunan Terulang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 10:12 WIB
Petugas kepolisian, TNI dan Satpol PP jaga Stasiun Tanah Abang
Petugas kepolisian, TNI, dan Satpol PP menjaga Stasiun Tanah Abang. (Farih/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah aparat dari TNI-Polri hingga Satpol PP menjaga Stasiun Tanah Abang Jakarta Pusat. Mereka berjaga untuk mencegah kerumunan calon penumpang KRL di area stasiun terulang.

Pantauan detikcom, Senin (3/5/2021), di Stasiun Tanah Abang, aparat keamanan berjaga di seluruh sisi, mulai pintu masuk hingga area dalam stasiun. Mereka mengingatkan terus kepada calon penumpang KRL untuk tidak membuat kerumunan.

Aparat juga meminta calon penumpang yang datang atau hendak masuk ke dalam kereta untuk tidak berlama-lama di stasiun.

"Mas, ini barang punya siapa?," tanya petugas yang tengah menunggu di area stasiun.

"Punya saya, Pak," jawab calon penumpang tersebut.

Petugas pun meminta calon penumpang itu segera masuk ke peron. Namun calon penumpang yang habis berbelanja dari Pasar Tanah Abang itu harus menunggu kawannya lebih dulu.

Penumpang yang hendak menuju ke Parung, Bogor, itu diperingatkan agar menunggu di area stasiun tidak lebih dari setengah jam. Jika lebih dari itu, dia diminta menunggu di area luar stasiun.

Seperti diketahui, KRL mulai hari ini tidak akan menaikkan dan turunkan penumpang di Stasiun Tanah Abang mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Hal itu diungkap oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

"Mulai hari Senin 3 Mei 2021 Stasiun Tanah Abang tidak melayani pengguna keluar/masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00," kata Syafrin melalui pesan singkat, Minggu (2/5).

Syafrin menjabarkan pelayanan penumpang dari arah Rangkasbitung, Parung Panjang, hingga Serpong, hanya sampai di Stasiun Palmerah. Kemudian untuk penumpang dari arah Bogor, Depok, Nambo-Angke hingga Jatinegara PP tidak akan melayani naik turun penumpang dari Stasiun Tanah Abang.

"Pengguna diwajibkan naik turun dari Stasiun Karet, Duri atau Angke," lanjut Syafrin.

Simak video 'Ragam Jurus Anies Hadapi Kerumunan di Tanah Abang':

[Gambas:Video 20detik]

(fas/aud)