Paskhas TNI AU, Pasukan Elite yang Diterjunkan Jaga Kawasan Tanah Abang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 18:34 WIB
1 Kompi pasukan paskhas TNI Angkatan Udara yang terdiri dari pasukan medis dan tanggap SAR kembali dikirim ke Aceh untuk membantu korban gempa.
Foto: Kopaskhas atau Paskhas TNI AU (Dok: detikcom)
Jakarta -

Korps Pasukan Khas (Kopaskhas) atau Paskhas turut dikerahkan untuk menjaga kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan sekitarnya. Paskhas merupakan pasukan elite dari matra TNI Angkatan Udara (AU).

Dirangkum detikcom, Minggu (2/5/2021), Paskhas merupakan satuan tempur darat. Tapi, Paskhas memiliki kemampuan tiga matra, darat, laut dan udara.

Satuan elite TNI AU ini juga memiliki sebutan khusus, yakni 'Baret Jingga'. Komandan Paskhas saat ini adalah Marsma Eris Widodo Y. Sedangkan Wakil Komandan Paskhas saat ini Marsma Taspin Hasan.

Setiap prajurit Paskhas harus memiliki kemampuan khusus, sebutannya kualifikasi parakomando (Parakomando). Kemudian ditambah kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

Paskhas mempunyai ciri yang tak dimiliki oleh pasukan elite TNI lainnya, yaitu operasi pembentukan dan pengoperasian pangkalan udara depan (OP3UD). OP3UD adalah kemampuan merebut dan mempertahankan pangkalan, dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.

Paskhas menjadi salah satu pasukan elite yang dikerahkan di Pasar Tanah Abang. Pasukan elite Angkatan Laut (AL), Marinir juga diterjunkan untuk menjaga kawasan Tanah Abang.

Pengerahan Paskhas dan Marinir di Pasar Tanah Abang dan sekitar disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pengerahan Paskhas dan Marinir dilakukan untuk mencegah kerumunan.

"Mengerahkan sekitar 2.500 personel, terdiri dari unsur polisi, ada Brimob, dan Sabhara, TNI ada dari Kodam, Angkatan Laut Marinir, Angkatan Udara Paskhas, dan dari Satpol PP. Keseluruhannya kira-kira 2.500 orang diterjunkan untuk jaga ketertiban mengikuti protokol kesehatan," ujar Anies di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021).

Anies menegaskan pengendalian meliputi kawasan Pasar Tanah Abang dan sekitar. Marinir dan Paskhas berjaga mengendalikan antrean masuk stasiun.

"Jadi sore hari ini pun pengendalian akan dilakukan di kawasan pasar maupun di kawasan sekitar stasiun. Nanti akan bertugas di sana Marinir dan dari Paskhas untuk mengendalikan agar antrean masuk ke dalam stasiun bisa mengikuti protokol kesehatan," kata Anies.

Simak juga 'Besok! KRL Tak Berhenti di St Tanah Abang dari Pukul 15.00-19.00 WIB':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/gbr)