Sabtu Petang, 14 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Via GT Cikatama

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 19:12 WIB
Jakarta -

Ribuan kendaraan meninggalkan Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikatama). Pada Sabtu sore, sekitar 14 ribu sudah meninggalkan Jakarta.

Berdasarkan data transaksi volume lalu lintas di GT Cikampek Utama, ada 14.382 kendaraan masuk GT Cikampek Utama menuju arah Palimanan. Data itu tercatat sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.12 WIB, Sabtu (1/5/2021).

Pada waktu yang sama, kendaraan yang keluar melalui GT Cikampek Utama menuju arah Jakarta justru lebih banyak, yakni 14.496 kendaraan.

Pantauan detikcom, pukul 17.35 WIB, GT Cikampek Utama masih terlihat kondusif atau ramai-lancar. Tidak terlihat adanya antrean saat kendaraan masuk pintu tol.

Kendaraan yang melewati GT Cikampek saat ini didominasi kendaraan pribadi. Hingga saat ini belum terlihat ada pos penyekatan dari pihak polisi untuk mencegah para pemudik ke kampung halaman.

Selanjutnya, terlihat juga banyak truk pembawa barang yang memasuki GT Cikampek. Lalu diikuti bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memperluas titik penyekatan keluar dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). Kini ada 31 titik perbatasan Jakarta dan daerah penyangga yang disekat untuk mengantisipasi pemudik.

"Tadi pagi saya beserta jajaran para kasat lantas telah melaksanakan rapat untuk penentuan titik penyekatan. Kita simpulkan, kita analisis bahwa nanti mulai tanggal 6-17 Mei akan ada 31 titik pos untuk pengamanan peniadaan mudik 2021," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jembatan Cibeet, Kabupaten Bekasi, Sabtu (17/4/).

Menurut Sambodo, 31 titik pengamanan tersebut terdiri atas 14 titik penyekatan dan 17 titik checkpoint. Titik penyekatan dilakukan di jalan tol, jalan arteri, dan beberapa jalan perbatasan yang kerap digunakan sebagai jalur tikus.

(isa/isa)