Demo Buruh Bubar, Lalin di Jl Medan Merdeka Barat Kembali Normal

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 17:59 WIB
Jakarta -

Unjuk rasa sejumlah elemen buruh memperingati May Day 2021 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, telah selesai sore tadi. Arus lalu lintas di Jl Medan Merdeka Barat ke arah Istana Negara dan Thamrin dibuka kembali.

"Semua ruas jalan sudah kita normalkan. Nanti di sini (Patung Kuda) sendiri pukul 17.30 sudah normal kembali semuanya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021).

Sambodo mengatakan secara keseluruhan aksi demonstrasi buruh di Jakarta berjalan tertib. Dia hanya menyebut sejumlah peserta aksi sempat diamankan karena tidak taat mengikuti protokol kesehatan.

"Secara umum unjuk rasa ini berjalan dengan tertib lancar dan kita lihat bersama jumlahnya juga masih bisa kita batasi sehingga tetap protokol kesehatan tetap terjaga. Mereka kita awasi terus penggunaan masker nya terus mengedepankan menjaga jarak dengan satu peserta massa aksi dengan peserta lainnya," ujar Sambodo.

"Yang diamankan karena mereka mungkin tidak tertib dan mengganggu jalannya unras yang dilakukan oleh elemen-elemen lainnya yang sebagian besar berjalan dengan tertib," sambungnya.

Aksi unjuk rasa buruh di kawasan Patung Kuda terjadi sejak pagi hari tadi. Elemen buruh dari KSPSI, KSPI, hingga KASBI dan beberapa elemen lainnya bergantian menyampaikan aspirasi. Perwakilan buruh pun ada yang menyampaikan aspirasi hingga ke MK dan Kantor Staf Presiden (KSP).

Dari unjuk rasa yang berlangsung sejak pagi tadi, ada sejumlah orang yang diamankan polisi. Polisi telah mengamankan 15 mahasiswa Papua di depan Kedubes Amerika Serikat.

Belasan mahasiswa itu diamankan karena tidak memiliki izin pemberitahuan untuk melakukan aksi massa. Selain itu, polisi pun telah mengamankan 22 orang diduga dari kelompok anarko.

Puluhan orang tersebut diamankan saat mencoba menyusup di rombongan buruh yang melaksanakan aksi di kantor ILO di kawasan Thamrin. Terakhir, polisi mengamankan 30 mahasiswa di Kawasan Patung Kuda akibat berkerumun.

(ygs/mea)