Wawancara Eksklusif

Pengakuan Adam Ibrahim Perekayasa Babi Ngepet soal Julukan Ustaz

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 09:26 WIB
Ustaz Adam Ibrahim, perekaya isu babi ngepet di Sawangan - Depok
Foto: Adam Ibrahim, perekayasa babi ngepet di Sawangan, Depok. (Wahyudi/20detik)

Adam Ibrahim mengaku bahwa cerita soal babi ngepet itu bohong belaka. Dia merekayasa soal babi ngepet, tadinya ingin menghentikan fitnah dan kecurigaan beberapa warga yang resah karena kehilangan sejumlah uang.

"Sebab-sebabnya, pertama awalnya ada tetangga banyak yang kehilangan uang meminta solusi kepada saya. Saya sebenernya nggak bisa menanggulangi seperti ini," katanya.

Sebagai orang yang ditokohkan, Adam Ibrahim merasa dirinya 'terpanggil' untuk menyelesaikan persoalan warga itu. Hingga kemudian timbul dalam benak pikirannya untuk menyelesaikan masalah warga ini dengan membuat cerita seolah-olah babi ngepetlah pelaku yang mencuri uang warga selama ini.

"Akhirnya semakin lama, semakin lama punya rencana di otak saya itu. Dalam keadaan iman saya sedang lemah, maka diwujudkan dengan membeli (babi ngepet)," ujarnya.

Kebohongan Adam Ibrahim ini terbongkar oleh polisi. Polisi menemukan sejumlah bukti bahwa babi ngepet adalah rekayasa Adam Ibrahim semata.

Saat ini Adam Ibrahim ditahan di Polresta Depok. Dia dijerat Pasal 14 ayat (1) atau (2) UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

"Di mana pasal tersebut mengatur tentang tindak pidana perbuatan membuat keonaran, ancaman hukumannya 10 tahun," ujar Kapolsek Sawangan AKP Rio Tobing.

Halaman

(mea/mea)