Wawancara Eksklusif

Pengakuan Adam Ibrahim Perekayasa Babi Ngepet soal Julukan Ustaz

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 09:26 WIB
Ustaz Adam Ibrahim, perekaya isu babi ngepet di Sawangan - Depok
Foto: Adam Ibrahim, perekayasa babi ngepet di Sawangan, Depok. (Wahyudi/20detik)
Depok -

Polisi menyatakan babi ngepet yang menghebohkan warga Bedahan, Sawangan, Kota Depok adalah hoax. Kabar berita bohong ini direkayasa sedemikian rupa oleh warga setempat, Adam Ibrahim (44).

Dalam wawancara eksklusif dengan Tim Blak-blakan detikcom di Polresta Depok, Jumat (30/4/2021), Adam Ibrahim mengungkapkan sejumlah fakta soal babi yang disebut babi ngepet. Adam Ibrahim juga mengungkap asal usul dirinya dijuluki ustaz.

"(Dijuluki ustaz) dari tokoh masyarakat, di mana pun kita tinggal karena kita larinya selalu mengajar," kata Adam.

Adam Ibrahim adalah lulusan STM. Dia mengaku belajar mengaji di Yayasan Tsaqofah Islamiyah, Manggarai, Jakarta Selatan. Selama dua tahun dia belajar di yayasan yang didirikan oleh Al-habib Abdurrahman Assegaf yang akrab disapa dengan Sayyidil Walid itu.

Karena kerap memberi pengajian itulah dirinya kemudian disapa ustaz oleh warga.

"Jadi orang mengatakan saya 'ustaz', tapi saya tidak pernah mengatakan bahwa saya ini ustaz, tapi karena warga yang memanggil saya. Dipanggil nama pun saya senang, dipanggil Bapak, Mas juga senang," katanya.

Sehari-hari, Adam bekerja sebagai pengrajin kandang burung dan kandang ternak lainnya. Ia mengaku, dari penghasilannya menjual kandang itu dirinya kerap bersedekah.

"Setiap seminggu sekali berikan beras ke jamaah dari hasil kandang burung. Kadang (memberi) beras, sembako, uang," ujar pria yang sudah memiliki dua anak ini.

Halaman selanjutnya, sebab Adam Ibrahim mengarang cerita babi ngepet

Simak Video: Blak-blakan 'Ustaz' Adam Ibrahim: Pembuat Kandang Burung & Hoaks Babi Ngepet

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2