Hore! Dana Bansos Tunai DKI Tahap 4 Bisa Dicairkan Mulai Hari Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 22:37 WIB
Sejumlah bantuan sosial (bansos) bakal cair lagi di tahun 2021 ini. Salah satunya bansos tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan.
Foto ilustrasi bantuan sosial tunai (BST). (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Dana bantuan sosial tunai (BST) DKI Jakarta tahap 4 senilai Rp 300 ribu bisa dicairkan mulai hari. Dana bansos tunai tahap 4 ini akan ditransfer langsung ke rekening penerima manfaat tanpa adanya pemotongan dana.

"Penerima bantuan sosial tunai (BST) tahap 4 sudah dapat mencairkan dana melalui ATM Bank DKI mulai 30 April 2021," tulis Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @dkijakarta, Jumat (30/4/2021).

Pemprov DKI juga mengimbau warga tak perlu khawatir jika dana bansos tunai tak segera diambil saat waktu pencairan. Dia menjamin dana akan tetap tersedia di rekening penerima manfaat.

"Untuk penerima dana bantuan tidak harus pada hari pencairan, namun bisa pada hari-hari berikutnya sehingga tidak terjadi antrean pengambilan bantuan di lokasi mesin ATM," ucapnya.

Selain itu, Pemprov DKI menjawab pertanyaan publik tentang mengapa pada BST tahap 1 mereka mendapatkannya tapi pada tahap selanjutnya tidak. Pemprov DKI menyampaikan, pada pencairan BST tahap 2, Dinas Sosial DKI Jakarta melakukan pemutakhiran data penerima bantuan melalui musyawarah kelurahan yang dihadiri RT-RW. Ada sejumlah warga dengan kriteria tertentu yang dihapus dari daftar penerima manfaat.

"Diantaranya meninggal dunia, pindah, dianggap mampu, penerima PKH/BPNT dan memiliki penghasilan tetap," sebutnya.

Sedangkan untuk kategori yang baru mendapatkan usulan RT pada Februari 2021, undangan pertama pengembalian kartu ATM dan buku tabungan telah didistribusikan pada 29-31 Maret 2021. Kemudian, undangan kedua dan ketiga secara berurutan telah dilaksanakan pada 15 April 2021 dan 22 April 2021. Apabila terjadi gagal salur pendistribusian kartu ATM dan buku tabungan di tahap 1 dan 2, Pemprov DKI menjamin dana BST akan dikembalikan sesuai ketentuan berlaku.

(zak/zak)