Bocah 12 Tahun yang Sopiri Truk di Tol Tak Ditilang, Ini Alasannya

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 18:51 WIB
Truk trailer yang dikemudikan bocah 12 tahun diamankan di Polda Metro Jaya
Truk trailer yang dikemudikan bocah 12 tahun diamankan di Polda Metro Jaya. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap kejadian viral bocah usia 12 tahun yang mengemudikan truk di Tol Cikampek. Namun, bocah tersebut tidak ditilang polisi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya dalam kasus ini mengedepankan upaya diversi, mengingat status pelanggar lalu lintas adalah anak di bawah umur.

"Kepada si anak dengan mengacu kepada UU Perlindungan Anak maupun sistem peradilan pidana anak yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012, yang kepada anak di bawah umur ini harus dapat dilakukan diversi," kata Sambodo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Sambodo mengatakan pihaknya menyerahkan bocah tersebut kepada orang tuanya untuk dibina. Di sisi lain, pihak kepolisian juga akan memberikan konseling psikolog terhadap bocah tersebut.

"Maka pada anak nanti, pertama pembinaannya kepada orang tuanya tentu nanti kita akan didampingi psikolog anak akan melakukan konseling kepada keluarga maupun kepada anak. Sekaligus juga memberi peringatan kepada kedua orang tua anak untuk mengawasi," imbuhnya.

Sementara itu, polisi juga tidak dapat menilang H (33), paman si bocah yang menyuruhnya mengendarai truk. Sebab, dalam aturan yang berlaku, sanksi hanya dapat diberikan kepada pengendara.

"Aturan lalu lintas sejauh ini belum bisa. Karena dia (H) tidak dalam posisi mengemudi," kata Kasat PJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal saat dihubungi.

Adapun, truk tersebut milik perusahaan PT STA, di Jakarta Utara. Sopir H diketahui telah diberhentikan dari pekerjaannya karena ketahuan menyerahkan truknya kepada bocah 12 tahun.

"Untuk sanksi sopir sudah dikeluarkan, di-PHK oleh pihak perusahaan tempatnya bekerja," ungkap Akmal.

Simak Video: Viral Bocah 12 Tahun Sopiri Truk Tronton, Begini Faktanya

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)