Massa Demo Hari Buruh di Jakarta Bakal Di-swab di Titik Kumpul

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 17:19 WIB
Sejumlah buruh masa aksi May Day memadati Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/5/2019). Di antara mereka ada yang membawa replika mesin jahit raksasa.
Foto ilustrasi massa buruh. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh akan menggelar demo memperingati Hari Buruh atau May Day, Sabtu, 1 Mei 2021. Ribuan personel gabungan TNI-Polri akan diturunkan untuk mengamankan aksi massa.

"(Sebanyak) 6.394 personel kemungkinan masih akan bertambah lagi yang akan kita turunkan gabungan TNI, Polri, kemudian dari Pemda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Yusri menyebut sejumlah perwakilan buruh memang telah menyampaikan pemberitahuan kepada polisi akan melakukan aksi massa besok hari. Khusus di wilayah Jakarta, peringatan Hari Buruh akan berpusat di tiga lokasi.

"Memang betul sudah ada pemberitahuan di beberapa tempat yang terpusat di Patung Kuda, kemudian di depan MK, dan kemudian di Kantor ILO. Tiga ini yang berpusat oleh rekan-rekan serikat buruh yang ada. Mulai pagi kemudian selesai siang lalu ada lagi sampai dengan sore," ungkap Yusri.

Polisi belum mendapatkan jumlah peserta aksi yang akan turun besok. Polisi mewanti-wanti agar massa buruh dites swab terlebih dahulu sebelum turun aksi.

"Polda Metro Jaya membentuk tim kesehatan langsung berkoordinasi dengan teman-teman serikat yang memang patuh dan mengharapkan ada pengecekan swab antigen terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan," ujar Yusri.

Halaman selanjutnya, akan ada tes swab peserta aksi di titik kumpul massa

Simak Video: Ini 3 Titik Terpusat Aksi Hari Buruh di Jakarta Besok

[Gambas:Video 20detik]