Hujan Deras-Sungai Siak Meluap, Permukiman dan Jalan di Pekanbaru Banjir

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 16:33 WIB
Hujan deras dan luapan Sungai Siak membuat sejumlah ruas jalan dan permukiman di Pekanbaru kebanjiran (Raja Adil/detikcom)
Hujan deras dan luapan Sungai Siak membuat sejumlah ruas jalan dan permukiman di Pekanbaru kebanjiran. (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Jalan protokol yang melewati Jembatan Siak IV hingga kawasan padat penduduk di Pekanbaru, Riau, terendam banjir. Akibatnya, aktivitas warga bantaran Sungai Siak terganggu.

Pantauan detikcom, banjir akibat hujan deras dan luapan sungai terjadi di Jalan Sembilang menuju Rumbai. Termasuk kawasan perumahan di sekitar Rumbai Pesisir.

Akibat banjir dan luapan Sungai Siak, jalan dari Sudirman menuju Rumbai putus total. Namun ada juga warga yang nekat menerobos hingga akhirnya kendaraannya mogok.

Hujan deras dan luapan Sungai Siak membuat sejumlah ruas jalan dan permukiman di Pekanbaru kebanjiran (Raja Adil/detikcom)Hujan deras dan luapan Sungai Siak membuat sejumlah ruas jalan dan permukiman di Pekanbaru kebanjiran (Raja Adil/detikcom)

Sayangnya, tidak ada petugas dari instansi terkait yang mengawasi lokasi, meskipun jalan telah ditutup. Jalanan yang terendam banjir hanya dijaga masyarakat yang membantu pengendara melintas.

Khusus di Jalan Sembilang, kedalaman air bervariasi, mulai 30 cm hingga 50 cm. Sementara di kawasan padat penduduk Rumbai Pesisir, kedalaman air mencapai 50 cm hingga 1 meter.

"Sudah sejak 4 hari lalu jalanan begini terendam banjir. Kemarin bahkan sampai lutut orang dewasa siang hari karena air sungai pasang," kata seorang warga, Andi Suandi, saat ditemui di lokasi banjir, Jumat (30/4/2021).

Andi mengatakan masyarakat hanya membantu pengendara yang melintas di lokasi. Sebab, banyak kendaraan nekat menerobos banjir yang akhirnya mogok.

"Banyak sudah mogok, yang jelas kalau mobil-mobil rendah mogok. Motor matik itu rata-rata sampai tengah mogok, karena lebih dalam airnya," katanya.

Sejumlah warga membantu kendaraan melintas agar tidak terperosok ke air yang dalam.

Hujan deras dan luapan Sungai Siak membuat sejumlah ruas jalan dan permukiman di Pekanbaru kebanjiran (Raja Adil/detikcom)Permukiman di Pekanbaru juga kebanjiran (Raja Adil/detikcom)

"Kita bantu juga. Karena, selain mogok, ada juga yang pelat kendaraan hilang karena nekat nerobos banjir. Itu kita bantu juga ya, jadi karena petugas tidak ada, wargalah di sini yang bantu," katanya.

Sementara itu, di Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai Pesisir, terlihat permukaan air terus naik menjelang siang hari. Air akibat hujan deras yang sempat surut kembali naik akibat luapan Sungai Siak.

Ada ratusan keluarga di kawasan itu yang harus bertahan di rumah yang terendam banjir. Alasannya, hingga saat ini belum ada posko bantuan dari pemerintah setempat.

"Ini sedalam lutut orang dewasa, semakin ke depan air semakin dalam. Banyak warga bertahan karena belum ada posko. Semua bertahan di rumah sambil jaga barang," kata Lina.

Lina mengatakan kawasan itu awalnya terendam akibat hujan deras beberapa hari terakhir. Namun kini air yang merendam permukiman warga akibat luapan Sungai Siak yang debitnya naik.

"Kalau karena hujan deras itu biasa cepat surut. Ini sekarang karena air pasang, padahal sudah bertahun-tahun tidak ada banjir seperti ini," katanya.

Tonton juga Video: Puluhan Makam di Pekanbaru Ambles Gegara Hujan Deras

[Gambas:Video 20detik]



(ras/jbr)