Kasus Kafe di Banda Aceh Disegel Gegara Langgar Prokes Naik Penyidikan

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 15:33 WIB
Kafe di Banda Aceh Disegel.
Kafe di Banda Aceh disegel gegara melanggar prokes. (Dok: screenshot video viral)
Banda Aceh -

Polresta Banda Aceh meningkatkan status penanganan kerumunan di sebuah kafe di Banda Aceh. Kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 itu naik ke penyidikan.

"Terkait dengan status kasus pelanggaran protokol kesehatan yang mengakibatkan kerumunan massa, Polresta Banda Aceh meningkatkan ke tahapan penyidikan," kata Kasatreskrim Polresta Banda Aceh AKP M Ryan Citra Yudha kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

Ryan mengatakan pihaknya memeriksa sejumlah saksi dari penyelenggara kegiatan hingga pekerja di kafe tersebut. Penyelenggara live music adalah mahasiswa salah satu kampus di Aceh dengan tujuan untuk penggalangan dana bantuan sosial banjir di NTT.

Namun saat kegiatan berlangsung, sejumlah peserta berkerumun hingga berjoget-joget. Ryan menyebut belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

"Hingga saat ini belum ada yang kita tetapkan tersangka karena masih ada saksi yang harus diperiksa," jelas Ryan.

Sebelumnya, sebuah kafe di Banda Aceh disegel polisi dan Satpol PP-Wilayatul Hisbah (WH). Penyegelan dilakukan karena kafe menggelar live music, joget-joget serta kerumunan.

"Pelanggaran yang mereka lakukan pertama tadi malam menggelar live music di bulan Ramadhan, joget-joget, jingkrak dan melanggar protokol kesehatan," kata Plt Kasat Pol PP dan WH Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (22/4/2021).

Di kafe itu dipasang dua garis penyegelan oleh polisi dan Satpol PP-WH. Polisi menangani masalah kerumunan, sedangkan Satpol PP berkaitan dengan syariat Islam.

(agse/zak)