Pemkot Mojokerto Serahkan 1.451 Bantuan untuk Lansia

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 12:53 WIB
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari
Foto: pemkot Mojokerto
Jakarta -

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengantarkan langsung bantuan sosial warga lansia di Kelurahan Gedongan dan Kelurahan Purwotengah. Ia didampingi oleh Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria dan Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah.

Diketahui, bantuan ini diserahkan oleh ita kepada Mbah Ismanu, Mbah Damah, dan Mbah Marianah.

Heru Setyadi, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) selaku Plt. Kepala Dinas yang didampingi Kabid. Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial menyampaikan selain 3 orang yang telah disebutkan, ada banyak lansia lain yang juga mendapatkan bantuan. Ia menyebutkan jumlah bantuan kali ini diberikan pada 1.451 orang lansia.

Adapun untuk mekanisme pendistribusiannya, lanjut Heru,dilakukan dengan mendatangi penerima manfaat bukan menunggu atau penerima bantuan mengambilnya. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih, mengingat para lansia itu sebagian besar tidak bisa berangkat sendiri, butuh pengantar, minimal harus naik becak. Bahkan, ada juga lansia yang sebatang kara dan cenderung sakit-sakitan.

Haru menjelaskan, Pemerintah Kota Mojokerto bekerja sama dengan Kantor Pos Mojokerto langsung menyalurkan bantuan ke rumah masing-masing lansia. Sehingga, para lansia tidak perlu antre ataupun berdesakan untuk mengambil bantuan.

Adapun untuk menyalurkan bantuan ini berangkat dari Rumah Rakyat dengan mengerahkan sekitar 15 orang petugas pos yang siap menjelajah wilayah kota Mojokerto. Para petugas ini akan mencari 1.451 alamat lansia yang tersebar di 18 kelurahan.

Sementara itu, Kepala PT. Pos Mojokerto Giri Andika W mengatakan dari sejumlah alamat yang ada, pihaknya akan menyelesaikan maksimal 1 (satu) minggu untuk pengantaran. Ia mengungkap para petugas telah berkoordinasi dengan ketua RT/RW setempat untuk mempermudah pencarian alamat.

Sebagai informasi, Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita ini secara simbolis memberangkatkan Petugas Pos dari Rumah Rakyat. Ia pun mengucapkan terima kasih atas dedikasi para petugas pos dalam menyalurkan bantuan meskipun sedang berpuasa Ramadhan.

(mul/ega)