Menantu Amien Rais Ketum Partai Ummat, Elite PAN Singgung Oligarki

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 10:41 WIB
Pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Puan Maharani, yang berharap Sumbar menjadi pendukung negara Pancasila jadi kontroversi.
Guspardi Gaus (Foto: detikcom).
Jakarta -

Ridho Rahmadi, menantu Amien Rais, menjabat ketua umum Partai Ummat usai dideklarasikan. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menyinggung kesan oligarki dari struktur Partai Ummat.

"Karena ini (Ketua Umum Partai Ummat) menantu Pak Amien, masyarakat akan menilai apakah praktik oligarki atau partai dibentuk dalam sistem kerajaan telah berlaku pada Partai Ummat," kata Guspardi kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

Guspardi tidak mau berspekulasi apakah Partai Ummat sengaja didirikan Amien Rais untuk membangun dinasti politik atau tidak. Menurutnya, masyarakat yang bisa menilai.

"Tentu masyarakat sudah cerdas, kita persilakan masyarakat menilai," ujarnya.

Lebih lanjut, legislator asal Sumatera Barat ini menyebut masyarakat sudah mengetahui sosok Ridho Rahmadi sebagai menantu Amien Rais. Karena itu, dia menyerahkan keputusan penilaian struktur Partai Ummat kepada masyarakat

"Sebelum jadi Ketum Ummat, sudah banyak berita yang mengatakan bahwa Mas Ridho adalah menantu Pak Amien, seorang doktor Ph.d bidang IT dan dosen di UII. Semua orang itu sudah mengetahui dan memahami, tentu bagaimana respons masyarakat terhadap partai yang didirikan oleh Pak Amien, tentu silakan masyarakat yang menilai," kata Guspardi.

Meski begitu Guspardi tidak mempermasalahkan keberadaan Partai Ummat. Dia menilai partai baru akan cenderung sulit mencapai parliamentary threshold.

"Ini bagian aktualisasi daripada demokrasi. Cuma untuk menjadi peserta pemilu tentu harus dipenuhi pula persyaratan-persyaratan untuk menjadi partai politik peserta pemilu," ujar dia.

"Setelah itu ada lagi langkah lain, untuk bisa berada di senayan harus bisa memenuhi parliamentary threshold, dan biasanya partai baru sulit dan susah untuk bisa capai hal demikian," kata Guspardi.

Sebelumnya, Amien Rais telah resmi mendeklarasikan Partai Ummat. Ketua Umum (Ketum) Partai Ummat dijabat oleh menantu Amien Rais, Ridho Rahmadi.

"Saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama," kata Amien Rais dalam acara deklarasi Partai Ummat, yang ditayangkan di YouTube Amien Rais Official, Kamis (29/4).

Dalam kepengurusan Partai Ummat, Amien Rais mengemban jabatan Ketua Majelis Syuro. Sejumlah politikus yang sempat dikenal sebagai kader PAN juga masuk kepengurusan Partai Ummat.

Berikut susunan pengurus Partai Ummat:

Ketua Majelis Syuro Partai Umat: Amien Rais
Wakil Ketua I: MS Kaban
Wakil Ketua II: Thalib Sagaf Aldjufri
Wakil Ketua III: Neno Warisman
Sekretaris: Ansufri Idrus Sambo

Ketua Umum: Ridho Rahmadi
Sekretaris Jenderal: Ahmad Muhajir Sodruddin
Bendahara Umum: Benny Suharto
Wakil Ketua Umum I: Agung Mozin
Wakil Ketua Umum II: Sugeng
Wakil Ketua Umum II: Chandra Tirta Wijaya

Simak video 'Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, Menantu Jabat Ketum':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)