Ini Harapan Menpora untuk Sarjana Olahraga di Rakernas ISORI

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 29 Apr 2021 21:37 WIB
Menpora Zainudin Amali
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membuka Rakernas Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) di Gedung Rektorat UNY, Yogyakarta, hari ini. Pada kegiatan tersebut, Amali berharap ISORI bisa berkontribusi secara nyata dalam pembangunan olahraga nasional dan pembangunan sumber daya manusia.

"Dalam rencana pembangunan baik jangka menengah maupun jangka panjang kita mencanangkan akan membangun sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing dan tentu itu akan ditopang oleh kondisi SDM dalam hal ini tentang kebugaran dan kesehatannya," kata Amali dalam keterangan tertulis, Kamis (29/4/2021).

Pada acara yang bertepatan dengan HUT ke-52 ISORI ini, Amali juga berharap agar ISORI bisa menjadi kebanggaan bagi anggota yang berhimpun di ISORI.

"Saya bermimpi bahwa ISORI harus bisa sejajar dengan organisasi kesarjanaan lainnya seperti sarjana ekonomi (lSE), ada sarjana kedokteran (IDI), para Insinyur (PII), dengan kebangkitannya saya yakin 1,2,3 tahun kedepan bisa," ucapnya.

Pembina ISORI ini juga ingin agar ISORI memberi kontribusinya di tengah masyarakat yaitu organisasi dikonsolidasikan hingga ke daerah karena jaringannya dan mitra kerjanya jelas, diregistrasi kembali dengan pendataan anggota yang akurat serta melahirkan program kerja.

"Pesan saya dalam rakernas ini, buatlah program yang sederhana, mudah diimplementasikan, dan bisa diikuti banyak orang," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP ISORI Syahrial Bakhtiar menegaskan dengan arahan yang jelas dari Menpora memudahkan langkah-langkah nyata dalam program kerja untuk berperan aktif mensukseskan implementasi Desain Besar (Grand Design) Keolahragaan Nasional.

"Kami selalu mendapat arahan dari Pembina untuk bisa melaksanakan tugas-tugas khususnya yang sedang beliau kerjakan yaitu mensosialisasikan dan mengimplementasikan Grand Design Olahraga khususnya dalam menjelaskan kepada masyarakat kedudukan kebugaran fisik bagi seluruh rakyat yang bermuara pada prestasi," jelasnya.

Di sisi lain, Rektor UNY Sumaryanto mengatakan kehadiran Menpora secara langsung merupakan energi tersendiri dalam perannya memajukan dunia olahraga.

"Saya sebagai Rektor sendiri adalah begroundnya olahraga, saya sangat bersyukur bahwa UNY dipercaya sebagai tuan rumah hajatan yang luar biasa. Komitmen UNY yang ada Fakultas Ilmu Keolahragaan sangat mendukung apa yang disampaikan oleh Pembina ISORI, baik dari SDM-nya maupun sarana prasarana kami dedikasikan untuk kemajuan dan pengembangan olahraga di bawah koordinasi arahan Bapak Menteri," ujarnya.

(ega/ega)