Arti As Sami dalam Asmaul Husna Beserta Dalilnya

Kristina - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 20:07 WIB
Allah
Foto: iStock/Arti As Sami dalam Asmaul Husna Beserta Dalilnya
Jakarta -

Allah SWT memiliki 99 nama yang indah dan mulia yang disebut Asmaul Husna. Salah satunya adalah As Sami'.

Diriwayatkan dalam hadits Bukhari & Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu; barang siapa memahaminya akan masuk surga," (HR. Bukhari & Muslim)

Nama-nama itu juga disebutkan dalam Q.S al-A'raf ayat 180:

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Artinya: "Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Menurut tafsir Kemenag, ayat tersebut menceritakan tentang nama-nama agung yang sesuai dengan sifat-sifat Allah SWT. Asmaul Husna ini diartikan sebagai nama-nama Allah yang paling baik, paling luas, dan paling dalam pengertiannya.

As Sami' (السَّمِيعُ) = Maha Mendengar

Syekh Tosun Bayrak Al-Jerrahi dalam bukunya Asmaul Husna menerangkan, Allah SWT adalah Maha Mendengar. Dia mendengar semua yang terucap, yang terlintas di pikiran, dirasakan oleh hati, suara dedaunan yang tertiup angin, langkah kaki semut, bahkan atom yang bergerak dalam ruang hampa sekalipun.

As Sami' merupakan sifat kesempurnaan karena memiliki lawan kata tuli yang berarti sifat kekurangan. Kesempurnaan terbagi menjadi dua, mutlak, dan relatif.

Kesempurnaan mutlak tidak memiliki ketergantungan terhadap apapun. Tidak tergantung pada alat, keadaan, atau batasan. Sementara itu, kesempurnaan relatif merupakan lawan katanya. Yakni bergantung pada alat, keadaan, dan batasan.

Allah SWT mempunyai kemampuan mendengar tak terbatas atau kesempurnaan mutlak. Segala hal yang terjadi di alam semesta yang tidak bisa didengar oleh manusia sekalipun, akan terdengar oleh-Nya.

As Sami' disebutkan dalam Al Quran dalam beberapa surat. Di antaranya Q.S Thaha ayat 46, Q.S Fussilat ayat 36, Q.S Al-Baqarah ayat 127, Q.S Ali Imran ayat 35, Q.S Al-Maidah ayat 76, Q.S Al-An'am ayat 13 dan masih banyak lagi.

قَالَ لَا تَخَافَآ ۖ إِنَّنِى مَعَكُمَآ أَسْمَعُ وَأَرَىٰ

Artinya: "Allah berfirman: "Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat." (Q.S Thaha: 46)

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ نَزْغٌ فَٱسْتَعِذْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: "Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Q.S Fussilat: 36)

Sahabat hikmah, mempelajari sifat-sifat Allah SWT seperti As Sami' akan menambah kecintaan kita terhadap kekuasaan dan keagungan-Nya.

(nwy/nwy)