Munarman dan Para Tersangka Teroris yang Ditutup Matanya Saat Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 15:29 WIB
Tiba di Polda Metro Munarman Ditutup Matanya
Tiba di Polda Metro, Munarman ditutup matanya. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Mata mantan Sekretaris Umum (Sekum) Front Pembela Islam (FPI) Munarman yang ditutup dengan kain hitam saat dibawa polisi ke Polda Metro Jaya menjadi sorotan. Polisi mengatakan hal tersebut merupakan SOP penangkapan teroris. Teroris-teroris sebelumnya juga ditangkap dengan cara yang sama.

Berdasarkan data pemberitaan detikcom, 22 tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Jawa Timur pada 18 Maret 2021 di Jawa Timur juga ditutup matanya dengan kain hitam.

Selain ditutup matanya, tangan mereka juga diborgol, lengkap dengan tahanan berwarna oranye. Mata mereka terus ditutup bahkan saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

22 tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Para tersangka itu sebelumnya ditangkap Densus 88 Antiteror di Jawa Timur.Sebanyak 22 tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Para tersangka itu sebelumnya ditangkap Densus 88 Antiteror di Jawa Timur. Mata mereka ditutup. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Perlakuan serupa juga diterapkan terhadap 19 tersangka terorisme di Makassar, Sulsel, yang ditangkap pada Rabu (6/1/2021). Dari 19 tersangka teroris yang telah dibawa ke Jakarta itu, tiga orang di antaranya adalah perempuan. Semua tersangka matanya juga ditutup dengan kain hitam. Hal ini juga diberlakukan untuk tersangka teroris perempuan yang bercadar.

Sebanyak 19 teroris yang ditangkap di Makassar, Sulsel, diterbangkan ke Jakarta. Nantinya belasan tersangka kasus terorisme itu akan jalani pemeriksaan lanjutanSebanyak 19 teroris yang ditangkap di Makassar, Sulsel, diterbangkan ke Jakarta. Perempuan juga ditutup matanya. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

Sebanyak 19 teroris yang ditangkap di Makassar, Sulsel, diterbangkan ke Jakarta. Nantinya belasan tersangka kasus terorisme itu akan jalani pemeriksaan lanjutanSebanyak 19 teroris yang ditangkap di Makassar, Sulsel, diterbangkan ke Jakarta. Belasan tersangka kasus terorisme itu akan menjalani pemeriksaan lanjutan. (ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

Diketahui, mata eks Sekum FPI Munarman ditutup dan tangannya diborgol saat dibawa polisi ke Polda Metro Jaya. Pengacara Munarman menyebut tindakan polisi melanggar hak asasi manusia (HAM).

Simak video 'Momen Munarman Tiba di Polda Metro, Mata Ditutup-Tangan Diborgol':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2