BIN Sebut KKB Teroris, Kapolri: Tunggu Saja Perkembangannya

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 14:18 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Tinjau Piala Menpora
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. Kemenpora)
Jakarta -

Badan Intelijen Negara (BIN) kini melabeli KKB Papua menjadi kelompok separatis dan teroris (KST). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo buka suara soal kemungkinan status KKB Papua ini berubah menjadi kelompok teroris.

"Saya kira itu masih dalam tahap rapat koordinasi ya. Karena ini menyangkut lintas kementerian," kata Kapolri Jenderal Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Sigit menjawab pertanyaan wartawan mengenai adakah kemungkinan KKB Papua berganti status menjadi teroris dan ditindak menggunakan Undang-Undang Terorisme. Jenderal Sigit meminta semua pihak menunggu perkembangan status KKB Papua yang masih dibahas ini.

"Namun, ditunggu saja untuk perkembangannya. Saya kira itu ya, terima kasih," ujar eks Kabareskrim ini.

Kepala BIN daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha sebelumnya gugur pasca-kontak tembak dengan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. BIN kemudian melabeli KKB menjadi kelompok separatis dan teroris Papua.

"Kontak tembak tersebut terjadi akibat kelompok separatis dan teroris (KST) Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda," ujar Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangannya, Senin (26/4).

Brigjen Putu gugur setelah ditembak di bagian kepala. Saat itu, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen Putu beserta Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri yang tengah dalam perjalanan menuju Desa Dambet tiba-tiba dihadang oleh kelompok KKB. Saat itulah aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

"Kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan gugur sebagai kusuma bangsa," jelas Wawan.

Simak juga 'KSAD Sebut Prajurit TNI yang Membelot ke KKB Bawa Amunisi':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/fjp)