Kapolri Naikkan Pangkat Polisi yang Gugur Ditembak KKB di Papua

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 14:12 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan dukacita mendalam atas gugurnya Bharada I Komang Wira Natha di Papua. Sigit menyebut Komang sebagai prajurit bhayangkara sejati.

"Saya selaku pimpinan Polri mengucapkan dukacita yang sangat mendalam kepada gugurnya salah satu putra terbaik kami, prajurit bhayangkara sejati," kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (28/4/2021).

Sigit mengatakan penghargaan tinggi diberikan kepada Komang. Sigit juga menaikkan pangkat Bharada Komang menjadi Bharatu anumerta.

"Kami dari institusi Polri memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum dan memberikan kenaikan pangkat luar biasa dengan gelar anumerta," kata Sigit.

Selain itu, kata Sigit, ada dua personel Polri yang terluka dan masih perawatan. Polri juga memberikan penghargaan kepada mereka.

"Saat ini sedang di dalam perawatan. Karena itu dalam kesempatan ini kami selaku pimpinan Polri juga memberikan reward terhadap dua prajurit tersebut, yaitu kenaikan pangkat luar biasa dan kesempatan untuk mengikuti prioritas pendidikan," imbuh dia.

Sebelumnya, polisi gugur dalam kontak tembak di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, telah dikuasai penuh olah aparat TNI-Polri. Namun pihaknya terus melakukan penegakan hukum dan mengejar pelaku.

"Sepenuhnya Ilaga sudah dikuasai aparat, namun demikian perlu adanya penegakan hukum, dan terjadilah kontak," kata Era didampingi Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia saat ditemui di RSUD Mimika, Selasa (27/4/2021).

Era menambahkan, selain korban di pihak aparat, pihaknya memastikan ada korban di kelompok KKB. Dia mengatakan kontak tembak di Ilaga melibatkan KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

"Selain korban di pihak aparat saya pastikan ada korban di pihak KKB, ada 5 orang atau lebih anggota KKB yang menjadi korban, tapi kami belum bisa mengidentifikasi korban," kata Era.

Peristiwa penembakan itu terjadi pada hari ini sekitar pukul 08.00 WIT di sekitar Markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Ketiga anggota yang ditembak KKB tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi. Berikut ini 3 nama polisi yang tertembak:

1. Bharada I Komang (gugur)
2. Ipda Naton Tonapa (luka)
3. Bripka Moh. Syaifudin (luka)

(knv/fjp)