Ada Kritik soal Keramaian Kesawan dalam Cibiran Romo Syafi'i ke Bobby

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 14:01 WIB
Bobby Nasution (masker hitam)/Datuk Haris-detikcom
Bobby Nasution (masker hitam) (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Romo HR Muhammad Syafi'i, mencibir Wali Kota Medan Bobby Nasution soal pencopotan Edwin dari Kepala Dinas Kesehatan Medan. Ada kritik soal keramaian kawasan Kesawan dalam cibiran Romo Syafi'i ke Bobby itu.

Dilihat detikcom, Rabu (28/4/2021), sindiran terhadap Bobby itu disampaikan Romo Syafi'i lewat akun Instagram @romo.syafii. Dia mengatakan Bobby sudah ketularan kebiasaan berbohong.

"Ternyata Bobby sudah ketularan kebiasaan berbohong di awal masa jabatannya terkait dengan pencopotan Kadis Kesehatan Medan," tulis akun tersebut.

Dia menyebut kebohongan itu terkait pernyataan Bobby telah mengingatkan Edwin soal Corona sebelum mencopot yang bersangkutan dari Kadis Kesehatan Medan. Syafi'i mengatakan Bobby tidak pernah mengingatkan Edwin.

Syafi'i mengklaim penyebaran virus Corona di Medan sudah membaik sebelum Bobby menjabat. Namun, katanya, kondisi itu dirusak dengan kebijakan Bobby di kawasan Kesawan.

"Tetapi itu digagalkan Bobby dengan kerumunan masa kampanye Wali Kota Medan, kerumunan di Kesawan setiap malam tanpa prokes," tulisnya.

Cibiran itu sudah dibalas Bobby. Menantu Presiden Jokowi ini menyebut Syafi'i protes gara-gara Edwin merupakan besannya.

"Saya tau pak KADIS KESEHATAN yg saya BERHENTIKAN merupakan BESAN dari bapak ROMO, tapi ini sudah ada dasarnya dari INSPEKTORAT KOTA MEDAN," balas Bobby dengan akun resminya.

Keramaian di Kesawan sendiri sempat disorot oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Dia mempermasalahkan kondisi kawasan Kesawan yang ramai dan tutup melewati batas aturan PPKM selama masa pandemi Corona.

Bobby telah memberi penjelasan langsung ke Edy terkait persoalan Kesawan. Bobby berjanji bakal mengikuti batas jam tutup sesuai aturan PPKM. Bobby juga memastikan para pedagang dan pengunjung kawasan Kesawan bakal mematuhi protokol kesehatan.

"Kesawan City Walk menjadi simbol pergerakan ekonomi. Kami sadari masyarakat sudah sangat jenuh. Maka ketika ada even sedikit saja langsung ramai. Di sisi lain, ada pergerakan ekonomi yang signifikan di Kesawan City Walk dan hal ini sangat penting dalam upaya pemulihan ekonomi daerah," jelas Bobby.

Bobby mengatakan petugas Satpol PP hingga Dishub rutin berpatroli di Kesawan City Walk menggunakan sepeda dan motor listrik. Mereka mengingatkan masyarakat agar tak berkerumun.

"Faskes juga kita lengkapi, petugas terus berjaga. Pintu masuk kita awasi. Dan pedagang juga petugas di Kesawan sudah ikuti vaksinasi," ulas Bobby.

Bobby juga telah mendatangi langsung kawasan Kesawan. Dia memerintahkan agar jarak satu stan ke stan lainnya ditambah dari 6 meter menjadi 12 meter.

"Ibu, mulai besok kita pindahkan ya, biar bisa saling menjaga jarak antarstan. Bukan hanya di sini saja, tapi di stan lain juga sudah kita sampaikan, agar semuanya bisa berjalan sesuai aturan," kata Bobby dalam keterangan tertulis, Minggu (25/4).

Simak juga 'Saat Bobby Beraksi, Pimpin Normalisasi Parit di Medan':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)