Komisi Kesehatan DPR Geram Ada Tes Antigen Bekas di Kualanamu!

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 13:47 WIB
Wakil Ketua Komisi IX dari F-Golkar Emanuel Melki Laka Lena (Rahel Narda/detikcom)
Wakil Ketua Komisi IX dari F-Golkar Emanuel Melki Laka Lena (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Polisi menggerebek lokasi diduga tempat tes antigen dengan alat bekas di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Komisi IX DPR RI geram terhadap aksi curang ini sehingga meminta aparat penegak hukum mengusut tuntas.

"Kami minta agar aparat penegak hukum dan kepolisian betul-betul menindak tegas dan memberikan sanksi yang seberat-beratnya kepada siapa saja yang terlibat dalam persoalan layanan antigen bekas di Bandara Kualanamu, Sumut," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena kepada wartawan, Rabu (28/4/2021).

"Tidak boleh ada toleransi kepada peristiwa ini karena ini betul-betul menjadi klaster tersendiri penularan COVID di Sumut. Mesti dicek betul sejak kapan peristiwa ini dilakukan," lanjut Melki.

Melki, yang berkecimpung di Komisi Kesehatan DPR, meminta warga yang telah melakukan tes antigen bekas tersebut kembali didata, sehingga dapat dipastikan bagaimana kondisi mereka.

"Nama-nama siapa saja yang telah dites harus dipastikan semua yang dites itu harus dites lagi dan gimana kondisinya, apakah mereka tertular melalui pemakaian antigen bekas," ujarnya.

Lebih lanjut Melki meminta Kemenkes hingga Satgas COVID-19 di daerah memastikan layanan tes antigen di seluruh sarana akomodasi sesuai dengan SOP. Melki tak ingin kejadian di Kualanamu kembali terulang.

"Tentu kita juga meminta aparat Kementerian Kesehatan yang juga memiliki tugas melakukan proses pengecekan hal-hal seperti ini, misalnya Balitbangkes atau KKP misalnya, baik itu pelabuhan laut atau juga udara, di terminal-terminal dan juga dinas-dinas kesehatan, satgas yang menangani hal seperti ini juga harus lebih kontinu memastikan seluruh prosedur, SOP, dan penggunaan dalam proses testing ini berjalan dengan baik," ujarnya.

"Jadi harus kerja sama lebih kuat dan memastikan bahwa di bawah ini di semua tempat yang melakukan pengecekan atau testing, baik swab atau PCR ini bekerja sesuai SOP dan tidak membuat hal-hal seperti di Bandara Kualanamu, Sumut," lanjut Melki.

Polisi sebelumnya menggerebek lokasi diduga tempat tes antigen dengan alat bekas di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Ada enam orang yang ditangkap.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Terkuaknya Layanan Tes Antigen di Kualanamu Pakai Alat Bekas':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2