Indriyanto Seno Adji Gantikan Artidjo Alkostar Jadi Anggota Dewas KPK

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 10:29 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan ditangkap Bareskrim Polri tadi malam. Lima pimpinan KPK siap menjaminkan diri untuk penangguhan penahanan Novel Baswedan. Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji dan Wakil Ketua KPK Johan Budi dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (1/5/2015).
Prof Indriyanto Seno Adji (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Indriyanto Seno Adji segera dilantik menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Mantan pimpinan KPK itu menggantikan Artidjo Alkostar, yang berpulang beberapa waktu lalu.

Pelantikan Indriyanto itu akan dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Laksana Tri Handoko menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dari informasi yang diterima, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik keduanya pada Rabu (28/4/2021) sore ini.

Posisi Dewas KPK yang seharusnya diisi 5 orang itu sempat kosong seorang selepas Artidjo meninggal dunia pada Minggu, 28 Februari 2021. Sejak saat itu Dewas KPK dijabat 4 orang, yaitu Tumpak H Panggabean, Albertina Ho, Syamsuddin Haris, dan Harjono.

Selain itu, Jokowi dikabarkan bakal melantik Nadiem Makarim sebagai Mendikbud-Ristek dan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Pelantikan menteri dan kepala BRIN ini dilakukan setelah penggabungan Ristek dan Kemendikbud disetujui DPR. Selain itu, DPR juga menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Surat persetujuan itu pun sudah dikirim ke Presiden Jokowi.

"Sudah (teken surat persetujuan)," kata Sekjen DPR RI, Indra Iskandar saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/4).

Surat persetujuan dari DPR RI yang dikirim ke Presiden Jokowi itu diteken oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. DPR menyampaikan surat persetujuan itu ke Presiden melalui Sekretariat Negara (Setneg).

Tonton juga Video: Ketua KPK Berduka atas Kepergian Artidjo: Beliau Panutan Kami!

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/imk)