1 Polisi Gugur-2 Luka Ditembak KKB Papua Pimpinan Lekagak Telenggen

Saiman - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 16:56 WIB
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era (Saiman/detikcom)
Timika -

Seorang polisi gugur dalam kontak tembak di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Jenazah korban saat ini disemayamkan di kamar jenazah RSUD Mimika.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan korban kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Ilaga telah dievakuasi ke Timika. Sementara dua orang yang terluka dirawat.

Era mengatakan wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak, telah dikuasai penuh olah aparat TNI-Polri. Namun pihaknya terus melakukan penegakan hukum dan mengejar pelaku.

"Sepenuhnya Ilaga sudah dikuasai aparat, namun demikian perlu adanya penegakan hukum, dan terjadilah kontak," kata Era didampingi Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia saat ditemui di RSUD Mimika, Selasa (27/4/2021).

Era menambahkan, selain korban di pihak aparat, pihaknya memastikan ada korban di kelompok KKB. Dia mengatakan kontak tembak di Ilaga melibatkan KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

"Selain korban di pihak aparat saya pastikan ada korban di pihak KKB, ada 5 orang atau lebih anggota KKB yang menjadi korban, tapi kami belum bisa mengidentifikasi korban," kata Era.

Setelah dilakukan pembersihan, korban akan disemayamkan di Mako Brimob Detasemen B Timika dan akan dilakukan upacara pelepasan dan selanjutnya akan dikirim ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

"Korban akan dikirim ke Palembang," ujarnya.

Peristiwa penembakan itu terjadi pada hari ini sekitar pukul 08.00 WIT di sekitar Markas Lumawi, Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak.

Ketiga anggota yang ditembak KKB tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi. Berikut ini 3 nama polisi yang tertembak:

1. Bharada I Komang (gugur)
2. Ipda Naton Tonapa (luka)
3. Bripka Moh. Syaifudin (luka)

(jbr/jbr)