Komisi I DPR Jadwalkan Rapat Evaluasi Alutsista dengan Menhan Prabowo

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 14:52 WIB
Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR. Raker itu salah satunya membahas soal Natuna.
Menhan Prabowo Subianto (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Komisi I DPR akan menggelar rapat dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto seusai tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402. Rapat ini akan membahas alutsista.

"(Rapat) sedang direncanakan oleh para pimpinan komisi," ujar anggota Komisi I DPR F-PDIP, TB Hasanuddin, kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Anggota Komisi I DPR lainnya dari Fraksi Partai Gerindra, Yan Permenas Mandenas, mengatakan rapat nantinya tidak hanya berfokus membahas tenggelamnya KRI Nanggala-402 saja, tetapi juga tentang evaluasi total alutsista.

"Saya pikir jadi prioritas untuk kita evaluasi total, tidak hanya KRI saja, evaluasi total soal keberadaan alutsista kita yang masih layak, dan tidak layak supaya ke depan mungkin kita dorong grand design jangka panjang dari Menhan itu bisa dapat alokasi anggaran, dan perhatian pemerintah untuk belanja alutsista sehingga modernisasi alutsista bisa kita adakan untuk aparat TNI kita," ucap Yan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Diketahui, saat ini DPR masih dalam tahap reses. Sidang paripurna pembukaan masa sidang rencananya digelar 6 Mei 2021.

KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4) kemarin, saat hendak latihan menembak torpedo. Pada Sabtu (24/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan KRI Nanggala-402 mengalami subsunk.

Sebanyak 53 awak KRI Nanggala-402 dipastikan gugur. Kapal selam buatan Jerman itu ditemukan di kedalaman 838 meter perairan utara Bali dan dalam kondisi terbelah tiga.

(zap/gbr)