d'Rooftalk: 'Korupsi di Tubuh KPK'

detikTV - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 14:40 WIB
Jakarta -

Ditangkapnya satu penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bernama Ajun Komisaris Polisi (AKP) Stepanus Robin Pattuju dalam dugaan tindak pidana korupsi terkait kasus jual-beli jabatan di Tanjungbalai mencoreng citra KPK sebagai lembaga terdepan dalam pemberantasan korupsi. AKP Robin menjadi tersangka bersama pengacara Maskur Husain dan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial.

AKP Robin bersama Maskur diduga meminta dana sebesar Rp 1,5 miliar kepada Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial dengan janji akan menghentikan penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai. Penawaran itu disetujui M Syahrial dengan melakukan transfer uang sebanyak 59 kali melalui rekening teman AKP Robin.

Pertemuan antara AKP Robin dan M Syahrial terjadi pada Oktober 2020 di rumah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di Jakarta Selatan. Menurut KPK, Azis adalah sosok yang memperkenalkan AKP Robin dengan M Syahrial.

Menanggapi tertangkapnya AKP Robin, Ketua KPK Firli Bahuri sudah menyatakan pihaknya tidak akan menoleransi penyimpangan dan memastikan akan menindak pelaku korupsi tanpa pandang bulu. Sementara itu, Dewan Pengawas (Dewas) KPK memastikan bakal memproses dugaan pelanggaran etik dalam peristiwa ini.

Dewas merupakan instrumen baru di KPK dari amanat UU KPK hasil revisi. Sejumlah pihak kemudian menyoroti peran Dewas agar bergerak lebih aktif untuk menjaga marwah KPK dari ulah memalukan oknum di dalam KPK.

Pasalnya, penangkapan AKP Robin ini menambah catatan negatif di tubuh KPK setelah sebelumnya anggota Satgas pada Direktorat Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK berinisial IGAS mencuri barang bukti emas seberat 1,99 kilogram, dan adanya kebocoran informasi soal penggeledahan terkait kasus dugaan suap pajak di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Untuk membahasnya, Alfito Deannova dalam D'Rooftalk akan mendiskusikannya bersama Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean, aktivis antikorupsi sekaligus mantan juru bicara KPK Febri Diansyah, dan pakar hukum tata negara Zainal Arifin Mochtar. Simak diskusinya dalam D'Rooftalk: 'Korupsi di Tubuh KPK' secara streaming hari Selasa (27/4) pukul 20:00 WIB hanya di detikcom.

(hnf/hnf)