Kapal Selam San Juan Tenggelam 800 Meter, Ditemukan Setahun Kemudian

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Apr 2021 11:53 WIB
The Argentine military submarine ARA San Juan and crew are seen leaving the port of Buenos Aires, Argentina June 2, 2014. Picture taken on June 2, 2014. Armada Argentina/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Kapal selam ARA San Jua (Reuters Third Party)
Jakarta -

Upaya pencarian KRI Nanggala-402 yang tenggelam terus dilakukan. Proses evakuasi masih dilakukan untuk mencari 53 awak kapal yang gugur dalam kapal selam tersebut. Empat tahun yang lalu, juga ada insiden kapal selam ARA San Juan milik Argentina yang tenggelam dan baru ditemukan setahun kemudian.

Dilansir Reuters, Selasa (4/27/2021), ARA San Juan mengangkut 44 awak dalam perjalanannya. Kapal selam ini hilang kontak pada 17 November 2017. Pesawat-pesawat Amerika Serikat yang membawa tim spesialis bawah laut juga dikerahkan untuk membantu proses pencarian.

Posisi ARA San Juan terakhir kali diketahui pada Rabu (25/11/2017). Kapal selam buatan Jerman ini dilaporkan berjarak 286 mil dari pantai Argentina.

Pihak berwenang pun sempat melakukan pemindaian mulai dari permukaan laut yang berombak hingga kedalaman 26 kaki dengan kecepatan angin sekitar 40 knot. Kondisi ini juga mempersulit pencarian kapal ARA San Juan.

Dilansir BBC, kapal tersebut terakhir kali mengontak pada 17 November 2017. Kapal terakhir terlihat di sekitar Teluk San Jorge. ARA San Juan melakukan perjalanan dari Tierra del Fuego yang berada di Argentina selatan menuju markas mereka di Mar del Plata.

Namun pada Sabtu (18/11/2018) pukul 10.52 waktu setempat, ada sinyal yang dikirimkan oleh ARA San Juan. Sinyal kembali muncul pada pukul 15.42, kata Kementerian Pertahanan Argentina seperti dilansir CNN.

Meski muncul sinyal selama sekitar 36 detik, tetapi tak ada komunikasi yang dilakukan. Angkatan laut Argentina kini menggandeng sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang satelit untuk membantu proses pencarian.

Karena kapal selam ARA San Juan tak kunjung ditemukan, Angkatan Laut Argentina secara resmi menghentikan pencarian para awak kapal selam ARA San Juan pada Kamis (30/11/2017) waktu setempat, namun upaya untuk menemukan kapal selam tersebut masih terus dilakukan.

Namun, setahun kemudian, para pejabat Argentina mengumumkan ARA San Juan telah ditemukan pada kedalaman 800 m (2.620 kaki) di bawah permukaan Samudra Atlantik.

Tonton juga Video: Keluarga Masih Berharap Kru KRI Nanggala-402 Selamat

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2