Gubernur Sumbar Lantik Bupati-Wabup Solok dan Solok Selatan

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 15:28 WIB
Gubernur Sumbar melantik Bupati-Wagub Solok dan Solok Selatan
Gubernur Sumbar melantik Bupati-Wabup Solok dan Solok Selatan. (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melantik dua pasangan kepala daerah hasil Pilkada 2020. Keduanya ialah pasangan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Solok Epiyardi Asda dan Jon Firman Pandu serta pasangan Khairunas dan Yulian Efi sebagai Bupati-Wakil Bupati Solok Selatan.

"Saya ucapkan selamat kepada saudara Epiyardi Asda dan Jon Firman Pandu, juga pada saudara Khairunas dan Yulian Efi. Semoga amanah dapat dijalankan sebaik-baiknya demi kepentingan daerah dan Sumbar," kata Gubernur Mahyeldi seusai pelantikan, Senin (26/4/2021).

Dua pasangan ini melengkapi daftar 13 kepala daerah baru hasil Pilkada 2020 di Sumatera Barat. Pada 26 Februari lalu, Mahyeldi telah melantik 11 kepala daerah di Sumbar lainnya.

Tertundanya pelantikan dua kepala daerah tersebut disebabkan oleh adanya sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, periode masa jabatan untuk kepala daerah di Solok Selatan memang belum berakhir pada saat itu.

Dia meminta kepala daerah yang dilantik untuk melaksanakan visi-misi dan mencapai kesejahteraan rakyat di tiap daerah. Mahyeldi juga berpesan agar pasangan bupati dan wakil bupati selalu menjaga keharmonisan untuk saling melengkapi.

"Pahami saja tugas kewajiban yang berbeda dan pahami porsi tugas, wewenang dan hak masing-masing. Jika tidak paham, bisa memunculkan disharmonisasi," ucapnya.

"Bangun kerja sama dengan semua pihak dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Susun strategi dan program untuk memajukan daerah. Pembangunan akan berhasil jika ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat," tambahnya.

Turut hadir dalam pelantikan ini, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, serta anggota DPR RI, Guspardi Gaus dan Athari Gauthi.

(fas/fas)