Pemkot Mojokerto Siapkan 2 Titik Pengamanan Cegah Mudik Lebaran

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 15:10 WIB
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari
Foto: pemkot Mojokerto
Jakarta -

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menegaskan mengikuti arahan pemerintah pusat soal larangan mudik. Pihaknya juga melakukan pengetatan pengamanan jalur mudik untuk wilayah Kota Mojokerto.

Pengetatan terdapat pada dua titik, yakni pada jalur perbatasan Mojokerto-Lamongan di wilayah Dawarblandong dan Exit Tol Penompo. Ning Ita, sapaan akrabnya, juga meminta kepada seluruh masyarakat agar menahan diri supaya tidak mudik ke kampung halaman terlebih dahulu.

"Guna mencegah kenaikan angka COVID-19 di Kota Mojokerto. Terlebih, saat ini Indonesia tepatnya di Jakarta telah ditemukan virus Corona varian B.1.1.7," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, di Lapangan Patih Gajah Mada Mapolres Kota Mojokerto hari ini.

Ning Ita menjelaskan larangan mudik Lebaran untuk masyarakat telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19. Satgas mengeluarkan Adendum Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah.

Addendum ini di antaranya mengatur pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 peniadaan mudik, yakni dari tanggal 22 April sampai 5 Mei 2021 dan H+7 peniadaan mudik dari tanggal 18 Mei sampai 24 Mei 2021. Sehingga, melalui adanya aturan tersebut maka pelarangan mudik Lebaran secara resmi diberlakukan.

Oleh karena itu, Ning Ita mengimbau kepada masyarakat agar silaturahmi saat Lebaran dengan keluarga diganti melalui virtual. Belajar dari tahun sebelumnya, Ning Ita mengingatkan kepada masyarakat bahwa setiap ada libur panjang, maka akan terjadi lonjakan besar kasus COVID-19.

Sebagai informasi, Apel Kesiapan Pengamanan Larangan Mudik Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah ini turut dihadiri oleh Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriadi bersama Pejabat Utama, Perwakilan Kodim 0815 Mojokerto Pabung Mayor Nuriman Siswandi, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, Kasatpol PP Kota Mojokerto Heriana Dodik, Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto Endri Agus Subiyanto

(mul/ega)