Prabowo Melayat ke Rumah Awak KRI Nanggala Letda Rhesa Sigar di Surabaya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 14:17 WIB
Kapal selam KRI Nanggala-402 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1) (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/foc/17)
Kapal selam KRI Nanggala-402 (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/foc/17)
Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melayat ke rumah keluarga almarhum Letda Rhesa Sigar di Surabaya. Rhesa merupakan salah satu prajurit yang gugur bersama tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402.

"Betul, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi keluarga para prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala-402 di Surabaya," kata juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Dahnil mengatakan Prabowo menyampaikan belasungkawa kepada keluarga. Dia juga menyebut Prabowo bakal membiayai sekolah anak-anak para prajurit yang gugur di KRI Nanggala-402.

"Kepada keluarga, Pak Prabowo menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam sekaligus menyampaikan akan memberikan beasiswa penuh dari SD sampai universitas kepada seluruh putra putri prajurit-prajurit Nanggala-402 yang gugur beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

"Pak Prabowo mendukung sepenuhnya pendidikan putra putri para kusuma bangsa yang gugur tersebut dan kita berharap mereka bisa melanjutkan cita-cita pengabdian orang tua mereka," sambung Dahnil.

Sebelumnya, KRI Nanggala-402 hilang kontak saat latihan di perairan utara Bali pada Rabu (21/4). Pada Minggu (25/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan 53 prajurit dalam KRI Nanggala-402 gugur. Kapal selam itu terbelah 3.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mengucapkan duka yang mendalam atas gugurnya prajurit TNI awak kapal KRI Nanggala-402. Jokowi mengatakan negara akan menjamin pendidikan anak-anak prajurit awak kapal selam KRI Nanggala-402.

"Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4).

Selain itu, awak KRI Nanggala-402 yang gugur akan diberi penghargaan kenaikan pangkat atas pengorbanan prajurit. Jokowi menyebut awak kapal KRI Nanggala-402 sebagai putra terbaik bangsa dan patriot terbaik penjaga kedaulatan negara.

Simak video 'Duka Prabowo-Susi Pudjiastuti Atas Gugurnya Awak KRI Nanggala-402':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/gbr)