Jokowi Apresiasi Tim RI dan Negara Sahabat Pencari KRI Nanggala-402

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 12:38 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi sejumlah institusi yang telah membantu mencari keberadaan KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali. Apresiasi diberikan kepada TNI hingga Polri.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT dan KNKT serta seluruh unsur yang tidak bisa saya sebut satu persatu yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala-402," kata Jokowi dalam konferensi pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Selain itu, Jokowi mengucapkan apresiasi kepada negara sahabat yang turut mengerahkan pasukan untuk mencari KRI Nanggala-402. Diketahui, Australia hingga India turut mengerahkan kapal guna menemukan KRI Nanggala-402.

"Dan terima kasih penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat upaya kerja keras pencarian KRI Nanggala-402," jelas Jokowi.

Sementara itu, 53 prajurit TNI yang gugur dalam KRI Nanggala-402 akan diberi kenaikan pangkat. Para awak kapal selam yang gugur itu juga akan diberi tanda kehormatan Bintang Jalasena.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut," kata Jokowi.

Sebagai informasi, Bintang Jalasena adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota TNI AL. Tanda kehormatan ini diberikan kepada prajurit yang berjasa di bidang militer yang menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

(isa/imk)