Round-Up

Mengenang Awak KRI Nanggala-402 Patriot Penjaga Negara

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 07:30 WIB
Kapal selam RI dikabarkan hilang kontak di perairan utara Bali. Kapal selam yang hilang itu adalah kapal selam TNI AL KRI Nanggala-402. Seperti apa potretnya?
KRI Nanggala-402 / Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta -

Lima puluh tiga orang yang gugur saat KRI Nanggala-402 tenggelam bukan hanya merupakan awak kapal selam. Mereka adalah patriot penjaga kedaulatan negara. Indonesia kehilangan sosok 53 prajurit terbaik bangsa itu.

Kapal selam KRI Nanggala-402 hilang pada 21 April 2021 ketika mengikuti latihan di perairan Bali. Segala upaya dikerahkan namun KRI Nanggala-402 tak dapat diselamatkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan pernyataan terkait KRI Nanggala-402 pada Kamis (22/4/2021). Jokowi kembali bicara pada Minggu (25/4) setelah kapal selam itu dinyatakan tenggelam.

Jokowi menyebut para awak kapal KRI Nanggala-402 adalah para patriot terbaik penjaga kedaulatan negara. Dia mendoakan para awak kapal itu dan berharap agar keluarga para awak kapal diberikan ketabahan.

"Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," ucap Jokowi.

Sore harinya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali menggelar jumpa pers. Dengan penuh kesedihan dan berat hati, Hadi mengumumkan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan...," kata Hadi dalam jumpa pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Pernyataan Hadi sempat terhenti sejenak. Dia juga tampak menundukkan kepalanya sebelum kembali melanjutkan pernyataan terkait gugurnya 53 awak KRI Nanggala-502.

"...seluruh awaknya telah gugur," lanjut Hadi dengan suara yang terdengar tercekat dan bergetar.

Hadi kemudian melanjutkan pernyataannya. Namun, suaranya masih terdengar penuh kesedihan.

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang onboard KRI Nanggala-402 telah gugur," kata Hadi yang kembali diam sejenak.

"Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di Perairan Utara Bali," ujar Hadi.