53 Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Kapolri Ucapkan Duka Cita

Sui Suadnyana - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 19:35 WIB
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ada awak KRI Nanggala-402 yang merupakan keluarga besar Polri. Untuk itu, Listyo Sigit menyampaikan rasa duka yang mendalam.

"Kami keluarga besar Polri, saya selaku pimpinan Polri menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam, atas gugurnya saudara-saudara kita, prajurit terbaik KRI Nanggala-402," ucap Listyo Sigit, dalam siaran pers-nya, Minggu (25/5/2021).

Ada dua awak KRI Nanggala yang menjadi keluarga besar polri, yaitu Letkol Laut Heri Oktavian, dan Letda Rhesa Tri.

"Saya informasikan juga Letkol laut Heri Oktavian kebetulan adalah masih keluarga besar Polri. Di mana beliau adalah putra dari Kompol Purnawirawan Imron Haki," katanya.

"Letda Rhesa Tri Utomo kebetulan adalah adik sepupu dari AKP Maria SN Manafe," ucapnya.

Karena itulah, secara khusus Kapolri menyapaikan duka cita. Tak hanya untuk TNI, tapi juga untuk keluarga besar Polri.

"Tentunya, kesedihan dan kehilangan ini jadi kesedihan dan kehilangan keluarga besar Polri," ucapnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dan akan diberi kenaikan pangkat secara berjenjang. Berikut ini daftar 53 awak kapal KRI Nanggala.

"Kita akan memberikan suatu penghargaan kepada para prajurit Hiu Kencana Nanggala 402 dan itu akan kami ajukan secara berjenjang kepada bapak Presiden yaitu berupa kenaikan pangkat, dan segera akan kita proses," kata Hadi.

Marsekal Hadi menyampaikan sejumlah bukti-bukti KRI Nanggala 402 telah tenggelam. Hadi menyatakan turut berduka atas gugurnya awak kapal KRI Nanggala serta menyampaikan duka kepada keluarga korban.

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala 402 telah gugur," ujarnya.

(aik/aik)