e-Life

Setop Lakukan Ini Agar Keluarga Awak KRI Nanggala-402 Tidak Trauma

dtv - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 16:54 WIB
Jakarta -

Jangan lakukan hal ini ke keluarga KRI Nanggala-402. Beberapa waktu lalu e-Life sempat membahas bagaimana menjaga perasaan keluarga korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu. Hal ini bisa juga dilakukan dalam kasus KRI Nanggala-402.

Dalam suasana duka jangan sampai kita menambah beban keluarga yang ditinggalkan. Apalagi sampai menimbulkan trauma bagi mereka.

Psikolog Kasandra Putranto menjelaskan beberapa hal yang sebaiknya kita hentikan agar keluarga korban tidak semakin terluka. Salah satunya adalah posting-an di media sosial maupun pemberitaan di media formal.

"Pemberitaan itu seharusnya yang informatif, bagaimana keluarga korban bisa ditenangkan, bisa diminimalkan kondisi traumanya," tuturnya.

"Apabila ada di antara kita bertemu langsung keluarga korban. Tugasnya memang mendengarkan tapi bukan mengorek-ngorek. Ini justru bisa menimbulkan luka. Lebih baik memberikan reaksi simpati, empati. Kadang-kadang kata-kata itu tidak diperlukan. Jadi jangan ditanya perasaannya," tambah Kasandra.

(gah/gah)