Analisis Gempa Manokwari Selatan, Magnitudo Diperbarui Jadi M 4,9

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 25 Apr 2021 10:09 WIB
Manokwari Selatan -

Gempa mengguncang Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, pagi ini. Analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

"Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Yapen-Sorong dengan mekanisme sumber pergerakan geser atau mendatar (strike-slip)," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya, Minggu (25/4/2021).

Guncangan gempa dirasakan di sejumlah titik di daerah Ransiki dengan skala intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity). Artinya, gempa dirasakan nyata dalam rumah, seperti getaran truk berlalu.

"Hingga pukul 09.15 WIB pagi ini hasil monitoring BMKG telah terjadi satu kali aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo 3,8," ucap Daryono.

Belum diketahui ada-tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa gempa ini. Dari update BMKG, magnitudo gempa Manokwari Selatan mengalami perubahan.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo update 4,9," jelas Daryono.

Sebelumnya, data BMKG menyatakan gempa tersebut terjadi pada Minggu (25/4) pukul 08.52 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 1,60 Lintang Selatan dan 134,42 Bujur Timur.

Kedalaman gempa 10 kilometer. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

"(Pusat gempa) 89 km tenggara Manokwari Selatan Papua Barat," tulis BMKG.

(isa/imk)