Puluhan WNA Asal India Ditolak Masuk Saat Tiba di Soetta

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 18:42 WIB
Mulai 1-14 Januari 2021, warga negara asing (WNA) dilarang masuk Indonesia. Begini kondisi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (1/1/2021).
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Puluhan orang warga negara asing (WNA) asal India ditolak masuk ke Indonesia saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Mereka ditolak karena tidak memenuhi persyaratan masuk ke RI.

"Iya benar, ada 32 WN India. Karena tidak memenuhi persyaratan untuk memasuki wilayah Indonesia, jadi kita tolak," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (24/4/2021).

Para WNA itu akan dipulangkan dini hari nanti dari Bandara Soetta. Mereka pulang dengan pesawat yang sama, yakni Emirates Airlines. India diketahui tengah mengalami lonjakan kasus Corona.

"Dipulangkan nanti malam jam 00.40 naik Emirates. Iya, dengan pesawat yang sama," ujar Romi.

Ke-32 WNA India itu diketahui tiba di Bandara Soetta pada pukul 17.00 WIB, Jumat (23/4). Semuanya merupakan pria.

"Tiba di Soetta jam 17.00 ya, kemarin," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 12 dari 153 orang warga negara asing (WN) India yang masuk Indonesia dinyatakan positif Corona atau COVID-19. Mereka menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Jakarta Utara.

"Hasil swab dari 160 orang, 153 warga negara dari India, ada 12 orang yang positif. Sebanyak 12 ini langsung diisolasi mandiri di Hotel Hariston (di Jakut)," kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, di Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat, Sabtu (24/4).

Sementara itu, tujuh WNI yang datang dari India dinyatakan negatif COVID-19. Namun mereka tetap akan diisolasi di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara.

"Kemudian yang tujuh WNI karena negatif, tetap isolasi mandiri di Wisma Atlet Pademangan," ujar Dudung.

Simak juga Video: Begini Kronologi Masuknya WN India ke Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)