KRI Rigel Masih Deteksi Lanjutan Lokasi Terakhir KRI Nanggala-402

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 15:53 WIB
KSAL, Panglima TNI dan Kapolri di konferensi Pers di Bali (Dok. Sui/detikcom)
KSAL, Panglima TNI, dan Kapolri di konferensi pers di Bali (Sui/detikcom)
Jakarta -

Pencarian terhadap kapal selam TNI Angkatan Laut (AL) KRI Nanggala-402 masih terus dilakukan. KRI Rigel saat ini masih melakukan pendeteksian lanjutan terkait posisi terakhir KRI Nanggala tampak.

"Sampai saat ini KRI Rigel sedang melaksanakan pendeteksian lanjutan untuk meyakinkan kontak-kontak yang terakhir di sekitar jantung atau posisi terakhir kapal selam terlihat," kata Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4/2021).

"Sampai siang ini masih mendeteksi dan mengevaluasi jantung yang tadi sudah disampaikan," sambungnya.

Laksamana Yudo juga menjelaskan saat ini telah ditemukan beberapa kepingan terkait kapal selam tersebut. Kepingan ini ditemukan di sekitar lokasi terakhir KRI Nanggala tampak.

"Kemudian beberapa hari lalu dan sampai saat ini telah ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang yang berada di sekitar lokasi terakhir kapal selam itu terlihat saat menyelam itu, yang diyakini merupakan bagian atau komponen dari kapal selam," tuturnya.

Dia mengatakan kepingan tersebut tidak akan terangkat jika tidak ada tekanan dari luar.

"Dan ini tidak akan terangkat keluar kapal apabila tidak terjadi tekanan dari luar," ujarnya.

Seperti diketahui KRI Nanggala-402 hilang kontak dalam latihan penembakan torpedo pada Rabu (21/4/2021) dini hari. Fokus lokasi pencarian KRI Nanggala-402 di laut sebelah utara Bali, sekitar 40 km dari Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Pasalnya, di lokasi tersebut ditemukan tumpahan minyak dan daya magnet yang besar yang diduga bersumber dari KRI Nanggala-402.

Lihat juga Video: #PrayForKRINanggala402 Menggema, Netizen Doakan Awak Kapal Selamat

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/rdp)