KPK Gali Motif Azis Syamsuddin Kenalkan Penyidik-Walkot Tanjungbalai

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 14:30 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) bersama Menteri Kesehatan Budi G Sadikin (kanan) dan Plt Jubir KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati memberi pernyataan pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (11/2/2021).
Ketua KPK Firli Bahuri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri mengungkap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (AZ) berperan sebagai pihak yang memperkenalkan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju (SRP) dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS). Lalu apa motif dari Azis melakukan hal ini?

Firli menjelaskan motif di balik tindakan Azis tersebut masih akan terus digali. KPK akan terus mengungkap motif di balik peran Azis.

"Yang pasti adalah selaku KPK yang diberi mandat untuk melakukan pemberantasan korupsi, KPK tidak berhenti mengungkap apa yang terjadi, perbuatan apa yang terjadi. Siapa yang melakukan? Perbuatan tersebut merupakan pelanggaran hukum dan ada ketentuan pidananya. Ini akan dan terus digali. Dan tidak berhenti di sini," kata Firli Bahuri dalam konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Sabtu (24/4/2021).

Firli menegaskan KPK akan mengungkap perkara ini seterang-terangnya. KPK akan menelusuri kaitan peran Azis dengan posisinya sebagai Wakil Ketua DPR.

"Kita akan terus mengungkap ini seterang-terangnya perkara, dan apa yang dilakukan oleh Saudara AZ sebagai Wakil Ketua DPR RI," tuturnya.

"Nanti setelah itu KPK akan lihat perbuatannya apa, keterangan saksinya bagaimana, bukti lain apa, petunjuknya apa, dokumennya apa. Karena unsur pemidanaan harus dipenuhi," imbuhnya.