TNI AL: Fokus Pencarian KRI Nanggala-402 Dekat Celukan Bawang Bali

Antara - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 12:27 WIB
pencarian KRI Nanggala-402
Proses pencarian Nanggala-402 (Foto: dok. TNI AL)
Jakarta -

Upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali terus dilakukan. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengatakan fokus pencarian kini dilakukan di dekat Celukan Bawang, bagian utara Bali.

"Fokus pencarian di sekitar Celukan Bawang, bagian utara Bali," kata Laksamana Julius seperti dilansir Antara, Sabtu (24/4/2021).


Tak hanya itu, pencarian juga dilakukan di beberapa titik lainnya yang memiliki daya magnet yang sangat kuat. KRI Rigel-933 dari Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL juga dikerahkan dalam pencarian kapal selam buatan Jerman itu.

"KRI Rigel lebih ke arah itu (magnet) untuk memastikan bendanya apa," ujarnya.

Dia menjelaskan hingga saat ini bantuan dari negara lain baru dari Australia. Australia menerjunkan HMAS Ballarat.

"Yang sudah tiba baru dari Australia (HMAS Ballarat), sementara kapal lainnya, seperti Poseidon dari Amerika Serikat, HMAS Sirius dari Australia, dan MV Swift dari Singapura, belum tiba," ungkapnya.

Sebelumnya Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan di sekitar Celukan Bawang terdapat tumpahan minyak.

"Selain itu, ada daya magnet yang besar. Itu sudah mulai terdeteksi di daerah tersebut sehingga sekarang sedang dilaksanakan terus pemantauan di wilayah tersebut dengan memanfaatkan semua peralatan yang ada," kata Achmad Riad menjelaskan perkembangan terbaru pencarian KRI Nanggala-402, Jumat (23/4).

Kapal-kapal dan alat pencari saat ini fokus menyusuri area perairan di kurang-lebih 40 kilometer dari utara Celukan Bawang.

"Jadi, kalau ditarik garis, jaraknya dari Celukan Bawang itu kurang lebih sekitar 23 nautical mile (mil laut) atau kurang lebih 40 kilometer di utara Celukan Bawang," kata Riad menerangkan.

Celukan Bawang merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Desa itu berada di wilayah pesisir utara Pulau Bali.

Walaupun demikian, Riad menegaskan sejauh ini pihaknya belum menemukan lokasi pasti keberadaan KRI Nanggala-402.

"Sampai saat ini memang belum bisa ditemukan secara pasti. Akan tetapi, di beberapa titik ini mudah-mudahan dengan berbagai peralatan yang ada bisa segera ditemukan atau dijejaki (bahwa) itu adalah posisi KRI Nanggala-402," kata Riad.

Lihat Video: 72 Jam Selamatkan Awak KRI Nanggala-402

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2