Perhatian! Jalan Trunojoyo Jaksel Mulai Ditutup Jelang KTT ASEAN

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 09:59 WIB
Jalan Trunojoyo Jaksel Ditutup Hingga Sore Jelang KTT ASEAN
Jalan Trunojoyo, Jaksel, ditutup hingga sore menjelang KTT ASEAN. (Dyas/detikcom)
Jakarta -

KTT ASEAN atau ASEAN Leaders' Meeting (ALM) bakal digelar di gedung Sekretariat ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, siang ini. Jalan Trunojoyo yang ada di depan gedung ASEAN mulai ditutup dua arah hingga sore nanti.

"Jalan Trunojoyo ini depan kantor Sekretariat ASEAN mulai pukul 09.00 WIB akan kita tutup dari simpang CSW sampai simpang Mabes Polri, dua arah," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat ditemui di Posko Pengamanan KTT ASEAN, Sabtu (24/4/2021).

Sambodo mengatakan penutupan jalan itu diberlakukan sampai pertemuan para kepala negara selesai. Menurutnya, Jalan Trunojoyo baru dibuka sekitar pukul 18.00 WIB.

(Ditutup) sampai selesai. Mungkin sekitar pukul 18.00-an," terangnya.

Berdasarkan pantauan detikcom, Jalan Trunojoyo ditutup tepat waktu sejak pukul 09.00 WIB. Saat ini, sudah tidak ada lagi kendaraan yang melintas.

Sambodo menyebut penutupan jalan ini tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas. Dia memprediksi arus lalu lintas di hari Sabtu relatif sepi.

"Ya kan hari Sabtu, volume lalu lintas kecil. Kan jalur alternatif ini banyak. (Salah satunya) bisa lewat Melawai," kata Sambodo.

Sementara itu, Sambodo juga menyampaikan penutupan jalan lain bakal terjadi sementara pada pukul 12.45-13.00 WIB. Penutupan itu, lanjutnya, dilakukan lantaran para tamu kepala negara bergerak dari hotel masing-masing.

Namun Sambodo memastikan jalan langsung dibuka kembali setelah para kepala negara melintas. Adapun jalur yang dimaksud bakal ditutup hanya secara satu arah, yakni dari utara menuju selatan.

"Ketika para tamu kepala negara bergerak bersama-sama menuju ke Sekret ASEAN dari tempat akomodasi masing-masing. Dan kebetulan hotel ini kan berada di seputar kawasan Sudirman-Thamrin. Sehingga ketika nanti bergerak bersama-sama karena ini tamu negara kami akan melaksanakan sterilisasi, prioritas jalur untuk para tamu kepala negara tersebut," jelasnya.

"Itulah sebabnya, nanti menjelang pukul 12.45 sampai 13.00 WIB, jalur Sudirman-Thamrin sampai Sisingamangaraja sampai kantor Sekretariat ASEAN ini, itu akan kita tutup yang dari arah utara menuju selatan. Artinya, mulai Harmoni, Istana Negara, kemudian Patung Kuda, Semanggi, sampai Bundaran Senayan, sampai ke CSW. Ini akan kita tutup. Tapi dari selatan ke utara masih bisa ngalir," sambung Sambodo.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengecek kesiapan pengamanan KTT ASEAN atau ASEAN Leaders' Meeting (ALM) yang akan digelar di Jakarta besok. Fadil Imran memastikan pihaknya akan melakukan pengamanan di 51 titik secara ketat.

"Ada 4.372 personel yang dilibatkan untuk melakukan pengamanan di 51 titik, termasuk pengamanan rute, pengamanan akomodasi hotel dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan dengan lancar," ujar Fadil Imran di Pos Pengamanan Gedung Sekretariat ASEAN, Jl Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/4).

Polri akan melaksanakan pengamanan semaksimal mungkin untuk menyukseskan KTT ASEAN ini. Polda Metro Jaya melakukan pengamanan di Ring 3.

"Karena Ring 1 dan 2 ada Operasi Waskita oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena yang hadir kepala negara, yang mana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya," tuturnya.

Tonton Video: Jelang KTT ASEAN, Jokowi-PM Vietnam Bertemu Bahas Myanmar

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)